Press "Enter" to skip to content

8 Cara Meningkatkan Produktivitas Diri Sendiri

Pernahkah Anda berpikir bagaimana cara meningkatkan produktivitas diri sendiri tanpa harus kerja extra keras?

Kerja keras tidak menjamin Anda bisa meningkatkan produktivitas.

Yang Anda perlukan adalah cara kerja yang benar-benar menghasilkan.

Juga membuang pekerjaan yang tidak menghasilkan. Buat apa sibuk tetapi apa yang Anda lakukan tidak menghasilkan sesuatu?

Yuk kita bahas, bagaimana cara meningkatkan produktivitas itu:

Penjelasan 8 Cara Meningkatkan Produktivitas Diri Sendiri

cara meningkatkan produktivitas diri sendiri

#1 Cara Meningkatkan Produktivitas Diri Sendiri Dengan Berubah

Langkah pertama cara meningkatkan produktivitas diri sendiri yang terpenting adalah kemauan berubah. Jika Anda tidak berubah, maka Anda akan mendapatkan produktivitas seperti saat ini.

Jika hasilnya ingin berubah, maka caranya juga harus berubah. Anda harus mengubah cara kerja Anda jika Anda ingin mengubah hasil.

Masuk akal bukan?

Jangan berpikir bahwa apa yang Anda lakukan adalah sudah yang terbaik. Jika Anda berpikir tidak ada lagi yang perlu diubah, itu salah besar. Kata siapa Anda sudah melakukan yang terbaik?

Ubahlah cara berpikir Anda, ubahlah sikap Anda, dan ubahlah cara bekerja Anda dengan cara yang lebih baik, maka Anda memiliki peluang mendapatkan hasil yang lebih baik.

kegilaan

Seperti kata Albert Einstein: “Kegilaan adalah melakukan hal yang sama berulang-ulang dan berharap hasil yang berbeda”.

#2: ThinK Outsite The Box

think out site the box

Yang dimaksud dengan BOX (kotak) adalah batasan. Batasan itu bukan aturan, namun lebih kepada cara berpikir Anda. Seringkali cara berpikir kita dibatasi oleh kebiasaan dan apa yang bisa kita lakukan.

Pada kita bisa melakukan pekerjaan di luar itu. Anda harus berani keluar, jangan hanya berpikir dengan cara yang biasa dan dengan cara yang sudah biasa saja.

Karena bisa saja, cara kerja yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih berkualitas adalah cara-cara yang tidak biasa dan tidak terpikirkan oleh kita.

#3: Berani

Apa hubungannya keberanian dan produktivitas? Ini berkaitan dengan cara #1 dan #2. Berubah melakukan apa yang di luar kota butuh keberanian.

Anda tidak akan pernah bisa berubah jika tidak berani meninggalkan kebiasan lama. Anda tidak akan pernah berani melakukan hal baru yang di luar kotak jika tidak punya keberanian mengambil resiko.

Keberanian adalah mutlak jika Anda ingin lebih produktif.

#4: Bekerja Lebih Cepat

Semua orang sudah mengetahui, bahwa bekerja lebih cepat akan meningkatkan produktivitas. Namun masih sedikit yang mengetahui cara dan teknik-teknik bekerja cepat.

Apa yang perlu Anda lakukan untuk bekerja lebih cepat?

Contohnya jika Anda ingin sampai ke tujuan lebih cepat saat mengendarai mobil, maka mobil Anda harus cepat. Kemudian Anda menginjak gas, dengan maksud ingin lebih cepat. Sayangnya ada yang lupa, Anda tidak memindahkan gigi persenelingnya.

Ada orang yang kerja lebih keras, lebih fokus, tetapi hasilnya tidak berubah. Dia mungkin sudah menginjak gas, tapi bisa belum mengubah gigi persenelingnya.

Apa itu? Kualitas diri. Jelas beda kecepatan kerja orang terampil dan orang yang tidak terampil.

#5: Bangun Kebiasaan Produktif

Tanpa disadari, banyak sekali diantara kita memiliki kebiasaan yang tidak produktif. Entah disadari atau tidak, namun ada saja. Semakin banyak kebiasaan tidak produktif akan semakin tidak produktif dalam bekerja.

Satu cara mengubah kebiasaan buruk adalah dengan menggantinya dengan kebiasan yang baik. Ganti kebiasaan tidak produktif dengan kebiasaan produktif.

Cara meningkatkan produktivitas diri sendiri adalah Anda harus membangun kebiasaan produktif untuk mengganti atau menghilangkah kebiasaan tidak produktif.

#6: Singkirkan Pekerjaan Tidak Atau Kurang Bernilai

Selain kebiasaan, jika kita tidak benar-benar memperhatikan pekerjaan kita, ternyata ada banyak pekerjaan yang kita kerjakan sebenarnya tidak bernilai atau setidaknya kurang bernilai.

Jika waktu kita habis untuk mengerjakan aktivitas yang tidak atau kurang bernilai jelas akan merusak produktivitas kita.

Cara meningkatkan produktivitas diri sendiri adalah dengan mengidentifikasi pekerjaan apa saja yang tidak atau kurang bernilai, kemudian singkirkan, dan fokuslah pada pekerjaan yang bernilai.

#7: Mampu Mengelola Berbagai Tugas dan Interupsi

Dalam pekerjaan kita sehari-hari, kita akan bertemu dengan berbagai hal yang bisa mengganggu produktivitas kita seperti email, telpon, SMS, surat masuk, meeting, memo, perintah dari atasan, order baru, pertanyaan dan sebagainya.

Kadang, jika tidak kita kelola dengan baik, ini akan menjadikan kita stress dan jelas menurunkan produktivitas kita.

Jadi salah satu cara meningkatkan produktivitas diri sendiri adalah belajar mengalola itu semua agar tidak mengganggu pikiran kita.

#8: Konsentrasi

Anda bisa coba, bekerja dengan konsentrasi dan dengan pikiran yang kemana saja, hasilnya akan berbeda. Untuk itu cara meningkatkan produktivitas diri sendiri yang cukup efektif adalah dengan belajar meningkatkan konsentrasi saat bekerja.

Konsentrasi akan menjadikan pekerjaan Anda lebih berkualitas, jarang salah, dan sesuai dengan apa yang kita (atasan) inginkan. Sehingga tidak banyak waktu terbuang untuk memperbaiki pekerjaan.

Penutup cara meningkatkan produktivitas diri sendiri

Itulah 8 cara meningkatkan produktivitas diri sendiri. Salah satu saja, jika Anda terapkan akan meningkatkan produktivitas, apalagi jika kedelapannya Anda terapkan.

Untuk penjelasan lebih lanjut, Anda bisa membaca ebook yang membahas lebih detil tentang 8 cara diatas yang bisa Anda dapatkan disini.

Rahmat

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri di Zona Sukses: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php

Latest posts by Rahmat (see all)

2 Comments

  1. menurut saya paling susah bagian konsentrasinya sih…bagaimana ya meningkatkan konsentrasi untuk mencapai hasil terbaik… thx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *