Press "Enter" to skip to content

Bagaimana Mengatur Waktu Agar Efektif

bagaimana mengatur waktu agar efektifSebelum membahas bagaimana mengatur waktu agar efektif, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti efektif. Saya akan berikan definisinya secara singkat, jelas, dan tidak bertele-tele. Efektif adalah memberikan hasil secara maksimal. Kalau Anda mau definisi yang lebih luas, silahkan cari di google, hasilnya tidak akan jauh dari keberhasilan yang maksimal atau sesuai dengan tujuan.

Lalu bagaimana cara mengatur waktu agar efektif?

Ada 3 kunci agar apa yang Anda lakukan efektif:

  1. Kejelasan tujuan atau hasil
  2. Alokasikan waktu yang cukup
  3. Fokus bekerja

Karena efektif berkaitan dengan hasil, maka kejelasan tujuan sangat penting. Jadi pastikan sebelum bekerja, Anda sudah mengetahui tujuan pekerjaan Anda dengan jelas, termasuk target waktu dan target hasil yang spesifik. Ini kunci utama untuk kerja secara efektif.

Langkah berikutnya adalah alokasikan waktu yang cukup. Cukup disini harus disesuaikan dengan kemampuan dan sumber daya yang ada. Kemudian fokus bertindak sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan.

Lalu Apa Itu Efisien?

Supaya tidak bingung, saya jelaskan sedikit. Efisien itu adalah berkaitan dengan sumber daya yang Anda miliki, termasuk waktu yang dimiliki. Jika Anda bisa mencapai tujuan dengan sumber daya yang seharusnya, itu adalah efisien. Misalnya Anda menyelesaikan tugas selama 1 jam. Dan waktu 1 jam itu memang waktu seharusnya. Jika Anda bekerja lebih dari 1 jam, maka itu tidak efisien.

Jadi efektif dan efisien itu tidak dipisahkan, keduanya bersatu. Ini tujuan dari dari manajemen waktu.

Lalu bagaimana agar Anda bekerja hanya 15 menit dan sudah selesai. Padahal biasanya harus 1 jam? Menarik bukan? Dan itu bisa Anda lakukan jika mengetahui ilmu Revolusi Waktu. Revolusi Waktu bukan hanya masalah efektif dan efisien, tetapi produktivitas. Silahkan lihat disini.

Rahmat

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri di Zona Sukses: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php

One Comment

  1. kok mahal banget sih bukunya. agak murahan dikit donk… hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *