Press "Enter" to skip to content

Cara Agar Tidak Gugup Saat Presentasi

Mau tau cara agar tidak gugup saat presentasi?

Tidak grogi atau nervous?

Karena bahaya, bisa jadi presentasi kita gagal, hanya gara-gara gugup.

Gagal meyakinkan, gagal mendapatkan penjualan, dan gagal mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Tidak mau bukan?

Presentasi itu peluang. Peluang promosi, peluang penjualan, peluang mendapatkan prospek, dan sebagainya.

2 Cara Agar Tidak Gugup Saat Presentasi Dan Menjadi Orang Yang Bisa Menyampaikan Presentasi Dengan Percaya Diri dan Meyakinkan Audiens

cara agar tidak gugup saat presentasi

Cara #1: Persiapan Yang Matang

Salah satu penyebab mengapa seseorang gugup dalam presentasi karena persiapakan yang kurang matang, bahkan tanpa persiapakan sama sekali. Nah, dengan persiapakan, kegugupan Anda bisa berkurang.

Mungkin tidak menghilangkan rasa gugup, tetapi bisa mengurangi sampai kepada tingkat wajar. Maksudnya sampai Anda bisa mengatasi perasaan gugup tersebut.

Jadi Anda harus mempersiapkan diri.

Persiapan yang dimaksud adalah:

  • Persiapan materi, pelajari dan kuasai materi yang akan Anda sampaikan.
  • Persiapan alat presentasi, misalnya power point.
  • Plan-B, artinya siapkan cadangan jika sesuatu terjadi. Contoh, bagaimana jika listrik mati? Saya sendiri selalu menyiapkan hasil print power point.
  • Antisipasi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin ditanyakan.
  • Berlatihlah sebisa mungkin. Semakin sering semakin bagus.

Bagaimana jika presentasinya mendadak dan tidak sempat mempersiapkan diri?

Jika profesi Anda menuntut untuk presentasi suatu saat, saya kita tidak ada alasan. Harusnya Anda selalu mempersiapkan diri, apakah ada rencana atau tidak dalam waktu dekat.

Namun, bagaimana jika Anda memang benar-benar baru pertama kali, mendadak, atau karena suatu hal yang terpaksa agar bisa presentasi.

Jika ini terjadi, maka mental yang menentukan. Yakinlah Anda akan sanggup. Saya rasa, ada alasan tertentu mengapa Anda ditunjuk. Mungkin kapasitas dan pekerjaan Anda cocok, sehingga Anda dianggap akan mampu.

Persiapan Saat Presentasi Mendadak

  • Jangan fokus pada power point, ini bisa memakan waktu lama tanpa efek yang signifikan.
  • Fokus pada apa yang Anda dan audiens inginkan.
    • Misalnya: Anda ingin penjualan, audiens ingin solusi tertentu
  • Fokus pada apa yang Anda ketahui tentang subjek. Pikiran dan imajinasikan tentang subjek yang akan Anda bahas, manfaat, kelebihan, dan apa manfaatnya bagi audiens (atau apa yang diinginkan audiens).
  • Persiapan mental:
    • nothing to lose, ya sudah jalani saja. Gagal juga tidak apa-apa, tidak usah takut. Tidak presentasi dijamin gagal, tetapi kalau presentasi ada kemungkinan berhasil. Jadi, lakukan saja.
    • lakukan afirmasi, kata dengan penuh perasaan: “saya bisa presentasi dengan baik”.  Manfaatkan disela-sela waktu menjelang presentasi.
    • bernapaslah dengan menggunakan pernapasan perut, bukan dada. Pernapasan perut akan memberikan energi tambahan dengan cepat. Tiga menit pernapasan perut, akan memberikan efek yang terasa, Anda akan semakin tenang dan berani.

Saat mulai presentasi jangan lupa membaca basmallah dan memohon pertolongan dan bimbingan Allah.

Ini tidak menjamin akan menghilangkan rasa gugup sama sekali, tetapi akan mengurangi banyak. Level kegugupan dalam tingkat yang wajar sehingga tidak mengganggu Anda saat presentasi nanti.

Cara #2: Tingkatkan Kepercayaan Diri

Bagi orang percaya diri, apa pun yang dilakukan tidak akan gugup lagi. Mungkin tidak benar-benar hilang, tapi dalam kadar kecil dan masih bisa dikendalikan. Itulah salah satu kelebihan orang yang percaya diri.

Kapan pun dia disuruh presentasi, dia akan tampil dengan percaya diri. Tidak grogi, sehingga apa yang disampaikan tersampaikan dengan jelas, meski dia tidak melakukan persiapakan sebelumnya.

Sehingga dia TIDAK akan kehilangan peluang.

Meningkatkan kepercayaan diri memang persiapan jangka panjang. Untuk persiapan mendadak, lakukan tips diatas, Tapi Anda harus mempersiapkan diri jika suatu waktu nanti Anda tiba-tiba disuruh presentasi lagi. Anda harus menjadi seseorang yang selalu siap.

Hanya orang yang percaya dirilah yang selalu siap.

Bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri? Saya sudah membuat Video The Confidence Secret, cara meningkatkan kepercayaan diri hanya dalam 21 hari. Termasuk teknik sederhana mengatasi kecemasan saat berbicara di depan umum.

Meski pun, dari testimoni yang saya dapatkan, ada orang yang langsung merasakan peningkatan kepercayaan diri meski baru saja menonton videonya. Apalagi sudah menyelesaikan program 21 hari.

Dapatkan The Confidence Secret disini.

Rahmat

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri di Zona Sukses: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php

Latest posts by Rahmat (see all)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *