| |

Cara Membangun Bisnis yang Sukses Tapi Sering Diabaikan

Jika Anda sedang membangun bisnis, maka pastikan Anda membaca artikel ini sampai selesai. Karena tahapan penting yang sering dilewatkan dalam cara membangun bisnis yang sukses akan dibahas di sini.

Tahapan ini merupakan kunci utama untuk membangun bisnis yang kuat dan berhasil dalam jangka panjang.

Meskipun sudah banyak artikel dan buku tentang membangun bisnis yang sukses, banyak orang masih gagal. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tahapan penting yang sering terlewatkan.

Artikel ini akan memberikan penjelasan praktis tentang tahapan penting tersebut. Jadi, pastikan Anda membaca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui tahapan penting yang sering dilewatkan dalam membangun bisnis yang sukses. Ayo mulai sekarang!

cara membangun bisnis yang sukses

Cara Membangun Bisnis Yang Sukses: Jangan Lewatkan Langkah Ini

Berbicara tentang cara membangun bisnis yang sukses, ada banyak orang yang salah langkah awalnya. Kesalahan itu adalah kesalahan dalam fokus. Banyak orang yang lebih fokus kepada masalah teknik dan taktis, tapi melupakan yang jauh lebih penting.

Dari data statistik yang pernah saya baca, 95% pebisnis tidak bertahan sampai 5 tahun. Artinya hanya 5 % yang bisa bertahan. Apa penyebabnya? Ya, ada macam-macam, jika dilihat dari segi teknis seperti kekurangan modal, kurang pemasaran, masalah cash flow, dan masalah manajemen.

Jika dilihat dari data, sepertinya banyak masalah teknis yang menganggu jalannya sebuah bisnis. Padahal ada satu akar permasalahan yang sering dilupakan. Kurang modal, mungkin akan menyebabkan bisnis Anda gagal. Tapi itu bukan akar permasalahan. Kalau pun Anda mendapatkan modal, tidak dijamin bisnis akan jalan.

Pernahkah Anda bertanya, mengapa kurang modal? Kebanyakan orang bertanya bagaimana cara mendapatkan modal, tetapi jarang yang bertanya (sering diabaikan) adalah “mengapa saya kurang modal”.

Saat Anda sudah menyebut “saya”, Anda sudah mulai memahami faktor terpenting cara membangun bisnis yang sukses.

Jika Anda menjawab karena saya orang miskin, lalu mengapa ada orang miskin selain Anda bisa punya modal? Jika Anda menjawab kebetulan, silahkan tunggu kebetulan Anda.

Pernahkah Anda berpikir, mengapa orang lain bisa tetapi Anda tidak? Padahal sama-sama miskin, bahkan bisa jadi lebih miskin dan lebih “bodoh” dibanding Anda tetapi dia bisa sukses dalam bisnis. Dia bisa punya modal, sementara Anda tidak?

Jika Anda beralasan, itu menunjukan ada sesuatu yang salah. Orang lain juga bisa beralasan, bukan hanya Anda. Tetapi orang lain menepis alasan itu dan sukses dalam bisnis pun bisa mereka raih.

Jadi apa faktor terpenting cara membangun bisnis yang sukses?

Sebelum Membangun Bisnis Harus Membangun …

Cara membangun bisnis yang sukses tapi sering terlewatkan itu adalah membangun pembuat bisnis tersebut terlebih dahulu. Anda akan kesulitan menggali tanah sebesar lapang sepak bola jika hanya menggunakan cangkul. Anda memerlukan buldozer dan back hoe untuk menggalinya agar capat.

Bisnis Anda akan sulit besar, jika pembuat bisnis itu tidak memiliki kekuatan yang besar. Siapa pembuatan bisnis Anda? Tiada lain, Anda sendiri.

Artinya, sebelum membangun bisnis Anda, bangunlah diri Anda. Kembangkan diri Anda menjadi seorang pebisnis yang tangguh dan kuat, sehingga mampu membangun bisnis yang besar.

Ya, membangun diri Anda adalah langkah terpenting dalam cara membangun bisnis yang sukses.

Fokus yang Salah

Sekali lagi, kesalahan pun sering terjadi. Banyak orang yang membangun dirinya dengan HANYA belajar masalah teknis. Mereka lebih suka belajar bagaimana cara membuat kue, tapi lupa belajar memasarkan kue. Kalau pun dia belajar memasarkan kue, masih ada kemampuan penting yang sebenarnya harus dimiliki terlebih dahulu.

Apa itu?

Mari kita lihat sebuah contoh. Misalnya dalam pemasaran. Iklan salah satu bagian dari pemasaran. Ingat, bagian. Iklan bukan pemasaran, tetapi hanya bagian dari pemasaran. Ilmu ini pun masih banyak yang belum faham.

Saya ambil contoh tentang iklan, sebab mudah kita amati. Coba saja lihat di TV. Untuk memasang iklan di TV, biayanya tidak murah. Artinya orang berduit yang memasang iklan di TV. Tapi anehnya, masih ada iklan-iklan yang jelek yang tampil di TV.

Saya yakin, yang bertugas memahami ilmu pemasaran, advertising, dan pervideoan. Tapi mengapa ada yang jelek? Nah, pembedanya bisa dari sisi kreativitas.

Ini jelas, ilmu pemasaran, tanpa ditunjang kreativitas tidak akan menghasilkan iklan yang bagus. Sayang bukan? Sudah mahal-mahal tetapi kurang memberikan hasil.

Bukan hanya masalah iklan. Dalam menciptakan produk atau jasa, kreativitas sangat diperlukan. Bisnis-bisnis me to (peniru) mungkin bisa jalan, tetapi sulit berkembang kecuali mereka cukup kreatif meningkatkan nilai produk dan kreatif dalam memasarkannya. Sekali lagi, kreativitas memegang peranan penting.

Dari sini bisa kita simpulkan, kreativitas adalah salah satu fondasi dasar sebelum membangun bisnis. Seorang pebisnis harus kreatif, sebab dengan kreativitas yang tinggi, dia akan lebih mampu mengatasi berbagai masalah dalam menjalankan bisnis dan juga akan menciptakan produk, jasa, dan metode yang lebih baik.

Masihkah mengabaikan kreativitas? Jika Anda sudah sadar tentang pentingnya kreativitas, silahkan belajar kreativitas disini. Bisa dipelajari koq oleh semua orang. Sayangnya, banyak yang melewatkan kemampuan ini dalam membangun bisnis.

Membangun Sesuatu Yang HEBAT Diperlukan KEKUATAN

Cara membangun bisnis yang sukses sebenarnya diawali dengan “membangun” diri Anda, si pembuat bisnis itu.

Lalu, selain kreativitas, apa lagi yang harus dikembangkan dalam diri seorang pebisnis? Yang berikutnya adalah manajemen keuangan. Minimal konsepnya, tidak perlu jadi sarjana. Agar Anda bijak dalam menginvestasikan uang. Istilahnya adalah melek finansial. Saya tidak punya produk tentang finansial, sudah banyak di toko buku.

Yang berikutnya, juga sering diabaikan adalah kemampuan mendaya ungkit (leveraging). Ini sering diabaikan, padahal para guru bisnis dunia sering menyebutkan pentingnya daya ungkit. Nah, panduan daya ungkit, saya punya ebooknya. Silahkan dapatkan disini.

Adalagi? Ya tentu saja. Salah satu yang penting adalah leadership. Bisnis Anda tidak akan pernah besar tanpa team. Dan, team tidak akan jalan tanpa seorang leader. Anda harus menjadi seorang leader. Silahkan cari ditoko buku, banyak buku dijual tentang leadership.

Pertanyaan berikutnya adalah, bagaimana menerapkan kreativitas, leadership, dan daya ungkit dalam bisnis. Saya sudah merangkumnya dalam video Bisnis Anti Gagal.

Pertanyaan terakhir untuk Anda, seriuskah ingin membangun bisnis yang besar? Keseriusan Anda bisa dilihat sejauh mana Anda membangun diri Anda, si pembuat bisnis sukses tersebut. Knowledge is power. Inilah cara membangun bisnis yang sukses, yang sebenarnya.

Dapatkan Update Via WhatsApp Channel

Dapatkan Update Via Telegram Channel

Similar Posts

5 Comments

  1. Betul sekali pak. Yang membuat kita sering gagal adalah alasan terus yang dicari dan mentalnya setengah-setengah. Tidak ada manusia yang sukses dengan alasan, tetapi manusia sukses itu punya goal, berani, punya strategi, punya semangat dan sikap positif lainnya.
    Salam sukses, makasih pak atas artikel yg bagus ini.

  2. Yang paling penting adalah mulai dahulu dari yang paling mudah dan jangan terlalu sibuk dengan pikiran mencari modal atau ketakutan akan gagal, mulailah dengan semangat baru dan tidak pernah putus asa, suatu saat nanti kesuksesan Pati akan diraih. Salam Sukses! Thanks Pak Rahmat atas motivasinya.

  3. Sabar dan selalu belajar no 1 dan tentu minta pertolongan ALLAH robul jalil jadi penentu.Itu dilakukan kawan saya,bertahan dalam kurun 15 tahun akhirnya omset usahanya mencerca 4 ,2 milyar perbulan.Dan sedekahnya gila banget,mau mbantu orang melulu,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *