Cara Menjadi Orang Sukses dan Kaya (Bagian 1)

Bagamana cara menjadi orang sukses dan kaya?

Sebuah pertanyaan singkat, namun tidak mudah menjawabnya. Tapi bukan berarti tidak bisa. Artikel ini untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Yang aneh adalah saat seseorang yang berharap bisa mendapatkan jawaban yang singkat. Bisa saja, akan saya katakan “berdoa dan berusaha” maka Anda akan sukses. Tapi, tentu Anda tidak mau jawaban seperti, yang “semua orang juga sudah tahu”.

Sebelum menjawab pertanyaan diatas, ada pertanyaan penting yang perlu dijawab terlebih dahulu. Yaitu,

“Seberapa ingin Anda sukses?”

Mengapa penting menjawab pertanyaan ini? Karena percuma saya jelaskan cara menjadi orang sukses dan kaya, jika Anda tidak serius menginginkannya. Jangankan saat Anda sudah bertindak, baru belajar saja sudah banyak yang menyerah. Ah kepanjangan, ah banyak teori, ah pusing, dan sebagainya.

Cara Menjadi Orang Sukses dan Kaya

3 Sistem Sukses Yang Tidak Pernah Gagal

Ada sebuah buku yang cukup menarik dan bisa dijadikan model berpikir jika kita mau sukses. Buku itu berjudul “Sistem Sukses Yang Tidak Pernah Gagal”, karya W. Clement Stone. Pengarang buku ini adalah pengusaha sukses di zamannya, jadi konsep yang dia jelaskan sudah terbukti bagi dirinya.

Buku itu cukup panjang, akan saya singkat saja untuk Anda.

  1. Kemauan atau motivasi atau inspirasi untuk bertindak
  2. Mengetahui tata cara (hal teknis dan keterampilan)
  3. Pengetahuan atau ilmu untuk meraih sukses

Mana yang paling penting?

Banyak orang yang hanya fokus pada nomor 2, katanya yang penting praktek atau bertindak. Padahal, yang paling penting adalah adanya ketiga hal tersebut sekaligus. Tidak bisa satu saja.

Mau bertindak saja, tetapi tidak tidak mengetahui ilmunya dan tidak mengetahui caranya, semua percuma. Banyak orang yang bekerja keras, tetapi hidupnya tidak berubah. Kenapa? Karena tindakannya adalah tindakan yang tidak membawa mereka kepada kesuksesan.

Kita harus memiliki ilmu atau pengetahuan, tindakan apa saja, yang perlu kita lakukan, agar sukses. Betul, kita harus bertindak, tetapi penting mengetahui tindakan apa.

Setelah mengetahui, apa saja yang perlu dilakukan agar sukses, langkah berikutnya adalah Anda harus mampu atau bisa melakukannya. Ini berkaitan dengan hal teknis dan mungkin akan membutuhkan satu set keterampilan tertentu.

Jadi untuk sukses itu kita harus memiliki kemauan, pengetahuan, dan kemampuan.

Cara MENJADI Orang Sukses Adalah Transformasi Diri

Perhatikan yang saya tulis dengan huruf beras, MENJADI. Artikel ini adalah membahas bagaimana agar Anda menjadi orang sukses sukses. Kata menjadi artinya kita harus berubah atau transformasi diri. Yang asalah bukan orang sukses menjadi orang sukses. Jadi, sederhananya, Anda harus berubah.

Jika kita kembali ke 3 sistem sukses, maka kita perlu berubah menjadi:

  • Orang yang memiliki kemauan kuat
  • Orang yang mengetahui apa yang perlu dilakukan agar sukses
  • Orang yang mampu melakukan apa yang perlu dilakukan

Itulah PR Anda jika mau menjadi orang yang sukses, termasuk kaya. Ya, kaya adalah salah satu bentuk dari sukses, masih ada bentuk sukses yang lainnya.

Masalahnya adalah, banyak orang yang ngaku mau menjadi orang sukses, tetapi tidak mau berubah. Banyak kasus orang hanya mencari pengetahuan, apa saja yang perlu dilakukan untuk sukses. Mereka bertanya, berharap ada jawaban singkat, kemudian mereka akan lakukan.

Anggaplah mereka sudah mengetahui, misalnya agar sukses bisnis online, langkah 1, langkah 2, dan seterusnya sudah mereka ketahui.

Tapi … mereka mengeluh …

“Ternyata susah ya?”

Kenapa susah?

Karena 2 sistem yang lainnya belum dia miliki. Orang akan mengeluh susah, sulit, bingung, jika dia kurang memiliki kemauan untuk sukses. Yang kedua, akan susah jika belum tahu caranya dan belum memiliki kemampuan atau keterampilan melakukannya.

Anda harus berubah, agar memiliki kemauan yang kuat, memiliki pengetahuan yang cukup, dan kemampuan yang memadai. Cara menjadi orang sukses adalah berubah atau transformasi diri.

Perubahan Pertama Yang Paling Penting

Saya sudah banyak membina orang, yang katanya mau sukses bisnis online. Permasalahan yang sering saya temui sebenarnya bukan masalah pengetahuan dan kemampuan. Pengetahuan bisa dengan mudah saya berikan dan mereka juga sebenarnya bisa dengan mudah mempelajarinya. Begitu juga dengan keterampilan.

Pengetahuan dan kemampuan, sebenarnya bisa dengan mudah Anda dapatkan, jika pikiran Anda sudah berubah. Semua berawal dari pikiran. Banyak yang menyebutnya mindset, pola pikir, atau paradigma.

Banyak orang (mungkin termasuk Anda) mengatakan “mau sukses”, tetapi mengapa belum bertindak juga? Mungkin sudah bertindak, tetapi belum sukses juga? Itu karena ada penghalang yang tidak terlihat dan semuanya ada di pikiran Anda.

Kita bisa saja menyalahkan orang lain, kondisi, peristiwa, dan lingkungan atas kegagalan kita atau penyebab kita belum sukses. Padahal, penyebab utamanya adalah ada di pikiran sendiri.

Logikanya gini:

Mereka, orang yang sukses, juga berhadapan dengan orang, kondisi, peristiwa, dan lingkungan. Mungkin sama dengan apa yang kita hadapi, tetapi mereka bisa sukses. Jadi, tergantung kitanya, bagaimana menyikapi itu semua.

Dari sini bisa kita lihat dan fahami, bahwa pikiran kita akan mempengaruhi tindakan dan perilaku kita. Jika tindakan dan perilaku kita belum mencerminkan orang sukses, artinya ada masalah dengan pikiran kita.

Cara Berubah Secara Keseluruhan

Banyak orang yang berusaha berubah, tetapi gagal. Mungkin satu sisi dia berubah, tetapi dia tidak berubah secara keseluruhan.

Lalu bagaimana agar kita bisa berubah secara keseluruhan?

Kita harus memahami sumber sikap, tindakan, dan perilaku kita. Ya, itu adalah pikiran. Jika pikiran kita berubah, maka sikap, tindakan, dan perilaku kita akan berubah. Hal-hal teknis akan mengikuti, ilmu juga akan mengikuti, jika sikap, tindakan, dan perilaku kita sudah berubah.

Kuncinya adalah mengubah pikiran kita dulu.

Anehnya, justru ini yang sering dilupakan orang. Mereka sibuk mengubah yang lainnya secara parsial sehingga tidak memberikan dampak yang besar dalam hidupnya.

Lalu, bagaimana cara mengubah pikiran kita sehingga kita bisa memiliki mindset sukses?

Ibaratnya, pola pikir atau mindset itu adalah software. Otak kita adalah hardwarenya. Selama ini, tanpa sadar kita sudah menginstal software kegagalan dalam otak kita. Maka wajar, hasilnya pun kegagalan. Menginstall software gagal sering terjadi otomatis dan tanpa kita sadari.

Memang, ada orang yang tanpa sadar juga terinstall software sukses kemudian dia menjadi sukses. Banyak faktornya. Kita tidak perlu menyesali kenapa kita tidak. Yang lebih penting adalah kita melihat ke depan.

Jika kita belum sukses, artinya bukan software sukses yang terinstall di otak kita. Kita harus sadari dan menerima ini. Dan kabar baiknya, kita bisa “menghapus” software gagal dan diganti dengan software sukses. Itu bisa dilakukan.

Caranya?

Analoginya sama dengan di komputer.

  1. Anda harus mencopy atau mendownload bahannya (filenya) ke komputer Anda
  2. Kemudian install software agar terpasang di komputer
  3. Kemudian pastikan softwarenya berjalan dan harus otomatis seperti Windows, yang mengendalikan komputer Anda

Begitu juga dengan meninstall software atau mindset sukses di otak Anda

  1. Anda harus memasukan bahan-bahan pikiran sukses ke otak Anda
  2. Kemudian menginstallnya agar melekat di otak Anda
  3. Dan mengubahnya menjadi mindset otomatis yang mengendalikan sikap, tindakan, dan perilaku Anda

Ya, tiga langkah ini. Tapi dalam praktekanya tidak sesederhana ini. Tapi jangan khawatir, saya sudah membuat sebuah ebook plus audio. Ebook dan audio ini berisi pikiran-pikiran sukses, kemudian cara mengsintallnya, dan bagaimana menjadikannya otomatis bekerja di otak Anda.

Mengapa Anda harus memiliki ebook dan audio ini:

  1. Anda akan dengan mudah mengetahui software-software kegagalan agar Anda bisa menghapusnya dari otak Anda
  2. Anda akan dengan mudah mengetahui software-software sukses dan bagaimana cara menginstall
  3. Bagaimana cara mudah menginstallnya dan menjadikannya software otomatis hidup Anda

Saat software (mindset) sukses sudah terinstall, maka sikap, tindakan, dan perilaku Anda akan mencerminkan orang sukses dan sukses tinggal menunggu waktu.

eBook dan Audio yang dimaksud bisa Anda dapatkan disini.

Anda bisa belajar dari mana saja apa saja pikiran sukses yang perlu dinstall dan pikiran gagal yang perlu dihapus, dan bagaimana caranya. Namun jika mau menghemat waktu untuk mencari-cari, langsung saja melalui ebook dan audio diatas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *