Press "Enter" to skip to content

Cara Percaya Diri Saat Presentasi

Mau tau cara percaya diri saat presentasi?

cara percaya diri saat presentasiMau tau atau mau tau banget? 🙂

Ada beberapa faktor yang membuat Anda bisa percaya diri saat presentasi, yaitu:

  1. Mental
  2. Persiapan sebelum presentasi
  3. Teknik presentasi

Diantara ketiga faktor itu, yang memiliki kontribusi terbesar adalah faktor mental, sampai 85% . Jika mental Anda sudah OK, artinya dari segi mental Anda sudah percaya diri, maka presentasi Anda pun akan percaya diri.

Pertama: cara percaya diri saat presentasi adalah dengan persiapan mental, alias meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Persiapan materi itu penting. Teknik presentasi itu penting, namun jika mental Anda belum percaya diri, semuanya akan percuma. Tentu saja, jika presentasi Anda ingin sempurna, Anda harus menguasai materi (persiapan yang matang) dan juga Anda harus menguasai teknik presentasi yang benar. Namun tetap harus diiringi oleh kondisi mental Anda yang mantap alias percaya diri.

Percayalah, saya seringkali harus presentasi tanpa persiapan, namun tetap bisa jika saya percaya diri. Sementara, saat Anda sudah mempersiapkan jauh-jauh hari, kemudian mental down, maka semua persiapan akan percuma.

Apakah dengan afirmasi “Saya Bisa” akan membantu? Afirmasi adalah sebuah penegasan. Saya tidak akan memberikan harapan palsu. Afirmasi sesaat sebelum presentasi akan menguatkan dan menambah kepercayaan diri Anda. Namun, jika fondasi kepercayaan diri Anda masih lemah, tidak akan banyak membantu.

Jadi agar Anda percaya diri saat presentasi, bukanlah perjalanan pendek. Jika Anda sudah percaya diri, maka tinggal ditambahkan dengan persiapan dan memperbaiki teknik. Namun jika Anda masih belum percaya diri, maka tingkatkan terlebih dahulu kepercayaan tinggi Anda, klik disini.

Rahmat

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri di Zona Sukses: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *