Press "Enter" to skip to content

Kerugian Menunda Waktu Yang Tidak Disangka-sangka

kerugian menunda waktuSaya kira, semua orang sudah mengetahui kerugian menunda-nunda alias menunda waktu. Pekerjaan terlambat selesai dan saat kita sampai batas waktu atau deadline, kita akan merasa tertekan. Ini tidak baik. Tapi ada kerugian lain yang lebih besar dan sering kali tidak disadari. Hanya penyesalan yang terjadi.

Kerugian menunda waktu sebenarnya bukan hanya terbengkalai pekerjaan saja. Bukan masalah pekerjaan yang menunpuk saja. Namun jauh lebih besar dari itu, namun kita sering tidak menyadarinya karena kita kurang menghargai waktu.

Tahukah Anda, saat sebuah pekerjaan terlambat selesai, ada harga yang harus dibayar atas keterlambatan itu. Bayaran itu tidak kecil, tetapi sangat besar. Artinya Anda akan mengalami kerugian besar dalam hidup Anda bahkan keluarga Anda.

Jika kita mengerti tentang konsep butterfly efect, seharusnya kita tidak menggampang waktu sehingga banyak pekerjaan yang tertunda. Konsep ini menjelaskan bahwa kesalahan kecil bisa berdampak besar suatu saat nanti. Satu kesalahan akan terakumulasi dan menjadi masalah besar.

Saya berikan satu kasus contoh. Misalnya Anda terbiasa menunda-nunda pekerjaan. Akhirnya pekerjaan Anda banyak tidak selesai dan menumpuk. Saat Anda diharuskan menyelesaikan pekerjaan itu, Anda menghabiskan waktu luang Anda. Padahal waktu luang Anda bisa digunakan untuk sesuatu yang menghasilkan uang misalnya. Sebut saja Rp 500.000.

Sampai disini, Anda sudah rugi Rp 500.000. Padahal, jika uang itu Anda gunakan untuk modal bisnis, bisa berkembang. Anggap saja bisa menjadi sebuah bisnis dengan penghasilan Rp 2.000.000. Artinya dalam setahun Anda seharusnya memiliki uang tambahan Rp 24.000.000.

Lalu uang Rp 24.000.000 Anda gunakan untuk membangun bisnis lebih besar lagi dan lagi.

Namun itu semua hanya dalam mimpi, gara-gara Anda sering menunda pekerjaan dan akhirnya tidak punya waktu untuk membangun bisnis tambahan.

Kadang ada orang yang mendebat ini, tapi biarlah mendebat. Jelas ini sebuah kerugian, kerugian yang tidak terasa namun dampaknya sangat besar. Apa arti uang Rp 24.000.000 untuk keluarga Anda? Bisa jadi, sebagai tambahan uang muka menyicil mobil.

Jangan anggap enteng dengan menunda-nunda waktu. Silahkan Anda membantah apa yang saya jelaskan disini, tetapi kerugian akibat waktu terbuang percuma jalan terus. Terlepas apakah Anda menerimanya atau tidak. Anda tidak percaya pun, kerugian tetap terjadi.

Lalu bagaimana agar tidak menunda-nunda waktu? Dalam paket Revolusi Waktu saya, ada satu modul yang membahas agar tidak menunda-nunda lagi. Namun, kuncinya bukan pada teknik tidak menunda-nunda, tetapi ada harus ada sistem yang menjadikan Anda lebih produktif. Pekerjaan lebih cepat selesai, produktivitas naik, dan penghasilan pun naik. Silahkan pelajari selengkapnya di Revolusi Waktu.

Jika Anda saat ini banyak masalah, itu akibat kesalahan Anda di masa lalu. Bisa jadi, ada banyak pekerjaan yang harusnya diselesaikan dimasa lalu, terlambat bahkan tidak terselesaikan. Mau nambah masalah atau mau berubah sekarang?

Rahmat

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri di Zona Sukses: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *