Press "Enter" to skip to content

Kiat Sukses Merancang dan Mengaplikasikan Marketing Plan

kiat sukses merancang dan mengaplikasikan marketing planBagaimana sich kiat sukses merancang dan mengaplikasikan marketing plan? Kuncinya adalah eksekusi. Plan, kemudian eksekusi, eksekusi, dan eksekusi. Buat apa sebuah marketing plan yang hebat, tetapi tidak kita aplikasikan. Kehebatan marketing plan, tidak ada artinya jika tidak diaplikasikan.

Bagaimana cara merancang marketing agar bisa diaplikasikan. Semua tergantung kemampuan dan sumber daya yang dimiliki. Sebenarnya, sehebat apa pun marketing plan, jika kita memiliki waktu dan sumber daya yang cukup, kita bisa mengeksekusinya. Namun demikian, kita perlu melihat kondisi dan situasi bisnis kita.

Bukan berarti mana yang perlu dan mana yang tidak. Semua aspek pemasaran itu sangatlah penting, mulai dari branding, distribusi, dan selling. Semuanya penting. Tapi kita lihat kondisi bisnis kita. Mana yang perlu kita fokuskan? Apakah branding? Apakah distribusi? Apakah selling?

Semuanya penting, tapi mana yang lebih penting untuk kita prioritaskan? Bisa jadi, untuk pebisnis pemula, akan lebih baik mengutamakan selling. Semua upaya pemasaran, diusahakan agara menciptakan penjualan langsung, agar cash flow langsung mengalir. Berbeda, saat cash flow sudah mengalir, kemudian distribusi sudah siap, branding menjadi sangat penting untuk menjadi prioritas.

Jadi, kiat sukses merancang dan mengaplikasikan marketing plan adalah prioritas dan fokus.

 

Rahmat

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri di Zona Sukses: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php

One Comment

  1. Makasih ya pak infonya,,, saya senang dengan artikel – artikel yang ada di web bapak . ini bisa menjadikan saya untuk semakin berusaha untuk maju dan menjadi orang sukses. amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *