Yang sering terlupakan dalam meraih sukses adalah membangun kekuatan mental.

Usaha kita dalam meraih apa yang kita inginkan bukan ditentukan oleh modal, ilmu, pendidikan, skill, atau relasi. Tapi lebih ditentukan oleh kekuatan mental.

Kekuatan mental akan membuat kita mampu melakukan hal-hal yang besar dan sulit. Tidak punya modal itu karena mental kita belum cukup kuat untuk mencari modal.

Tidak bisa, tidak mengerti, gaptek, nggak tahun, dan ketidak mampuan lainnya itu akibat mental kita kurang cukup kuat untuk belajar, mencoba, dan melatih.

Kabar baiknya, kekuatan mental itu sama dengan kekuatan fisik. Bisa dilatih dengan cara yang mirip juga.

Bagaimana seseorang kuat mengangkat beban yang berat? Karena dia melatihnya dengan mengangkat beban berulang-ulang. Mulai dari beban yang kecil tetapi menantang.

Bagaimana seseorang kuat lari puluhan kilo meter? Karena dia latihan berlari berulang-ulang. Mulai dengan jarak yang pendek tetapi menantang.

Kuncinya adalah melebihi apa yang kita bisa sebelumnya. Jika sebelumnya sanggup lari 1 km, maka latihlah 1,1 km sampai nyaman. Jika sudah nyaman, latihlah 1,2 km sampai nyaman. Dan seterusnya. Lama-lama, puluhan km bisa kita lalui.

Begitu juga dengan kekuatan mental. Latihlah melebihi apa yang bisa kita bisa. Sesuatu yang menantang. Hanya dengan melakukan hal yang menantang kekuatan kita bisa bertumbuh.

Misalnya:

  1. Lakukan sesuatu yang tidak nyaman. Misalnya, jika selama ini menawarkan produk atau bisnis tidak nyaman, maka lakukan saja. Mulai dari orang yang dikenal. Lakukan berkali-kali sampai nyaman.
  2. Melatih menahan diri dari kesenangan. Misalnya mengurangi ngemil, nonton TV, nonton film, rabahan, tapi lakukan sesuatu yang lebih bermanfaat. Lakukan secara bertahap.
  3. Melatih kekebalan terhadap opini, kritik, dan hinaan. Misalnya buatlah konten seperti status di Facebook atau di Youtube. Berani mengemukakan pendapatkan. Saat ada komentar negatif, bacalah dan belajar mengendalikan emosi terhadapnya.

Latihlah. Saat sudah nyaman, naikan tantangan. Sampai bisa melakukan hal-hal sulit dan berat yang dibutuhkan untuk meraih sukses.

Meraih sukses itu berat, namun kita bisa melatih diri agar lebih kuat dan mampu melakukan hal-hal yang berat.

Nonton video hiburan itu bisa berjam-jam. Namun nonton video edukasi 15 menit terasa lama. Membaca novel setebal 5 cm terasa mudah. Tapi membaca buku atau ebook edukasi langsung ngantuk.

Padahal orang-orang sukses mereka mampu belajar banyak, sehingga mereka punya kemampuan yang mumpuni untuk meraih sukses.

Dapatkan eBook dan Video GRATIS Edukasi Sukses disini.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *