Zona Sukses

Cara Agar Bisa Kerja Cerdas

Sering mendengar kerja cerdas?

Katanya jangan HANYA kerja keras, tetapi juga harus kerja cerdas.

Saya setuju. Kerja keras tetap harus, tetapi hasilkan akan luar biasa jika ditambah kerja cerdas. Atau dengan kerja cerdas ada bisa menghemat usaha Anda.

Kerja Cerdas Untuk Hasil Yang Lebih Besar Dengan Usaha Sama

Salah satu tujuan kerja cerdas adalah bagaimana caranya, dengan usaha yang sama, hasilnya bisa lebih besar. Jadi bukan hanya mengandalkan kerja keras saja.

Banyak orang, yang ingin memperbaiki hidupnya, dia bekerja lebih keras. Tentu saja harus. Tapi banyak yang hasilnya kurang sepadan.

Tidak sedikit, orang kerja keras tetapi hasilnya begitu-begitu saja. Tidak ada perubahan yang berarti.

Ya, salah satu penyebabnya karena cara kerjanya biasa saja, bahkan kurang. Dengan kata lain kurang cerdas.

Kerja Cerdas Untuk Meraih Hasil Besar Meski Memiliki Banyak Keterbatasan

Kerja cerdas pun sangat diperlukan bagi kita yang masih punya banyak kekurangan. Tidak sedikit, orang yang memiliki keterbatasan, tetapi tetap bisa sukses.

Apa pun keterbatasan itu. Baik keterbatasan fisik, keterbatasan pendidikan, keterbatasan kemampuan, keterbatasan modal, keterbatasan jaringan, keterbatasan “orang dalam”, dan sebagainya.

Yang membedakan orang yang punya keterbatasan tetap bisa sukses, karena dia kerja cerdas. Jadi, Anda juga bisa kerja cerdas.

Apakah Harus Menjadi Orang Cerdas Agar Bisa Kerja Cerdas?

Saya yakin, jika Anda bisa memahami tulisan ini, Anda sudah cukup cerdas untuk bekerja cerdas. Tidak harus jadi profesor dulu. Tidak harus menjadi orang jenius.

Banyak contoh, orang-orang dengan latar belakang pendidikan tidak tinggi, tetap bisa kerja cerdas. Pendidikan tidak masalah.

Lalu mengapa banyak orang yang tidak bekerja cerdas? Ada banyak faktor.

Pertama dia tidak sadar, kalau dia itu bisa kerja cerdas. Jika tidak menyadarinya, maka tidak akan menggunakannya.

Kedua, banyak orang yang “kurang” menggunakan pikirannya. Kebanyakan orang hidupnya dikendalikan oleh emosi. Saat ada kemauan dan kesengajaan berpikir, sebenarnya kita cukup cerdas.

Ketiga, segala sesuatu ada ilmunya. Ada orang yang belajar dengan melihat. Sebagian orang tidak. Nah, bagi Anda yang belum faham cara kerja cerdas, Anda perlu belajar.

Jadi, sekarang Anda sudah sadar, kemudian Anda sudah serius berpikir, ditambah punya ilmunya, Anda sudah bisa bekerja cerdas.

3 Langkah Agar Bisa Kerja Cerdas Seperti Mereka

Langkah pertama, yakinlah bahwa Anda bisa kerja cerdas. Optimis bahwa Anda bisa kerja cerdas. Kecerdasan Anda cukup. Tinggal menggunakannya.

Langkah kedua, mulailah lebih banyak menggunakan pikiran Anda. Jangan selalu emosional. Tapi gunakan logika, berpikir dengan sengaja.

Contoh orang yang emosional berkaitan dengan kerja cerdas mereka yang sering mengeluh, saya tidak bisa, saya bingung, saya tidak layak, saya capek, saya pusing memikirkan ini.

Pesimis dan mudah menyerah adalah salah satu bukti dari orang yang emosional. Padahal masih banyak hal yang bisa kita lakukan.

Kerja cerdas berkaitan dengan pikiran. Bukan emosi. Jadi jangan mudah merasa kesal, enggan, malas, bingung, khawatir dan sebagainya. Berpikirlah.

Ketiga, jika kita belum bisa atau belum faham, itu artinya kita perlu belajar.

Ini Salah Satu Rahasia Kerja Cerdas

Salah satu prinsip penting yang dipegang oleh mereka yang kerja cerdas adalah prinsip daya ungkit atau dalam bahasa Inggris disebut leverage.

Jika Anda mengetahui apa itu daya ungkit dan bagaimana cara menerapkannya, Anda akan bekerja lebih cerdas.

Kerja Anda akan semakin besar hasilnya. Atau meski Anda banyak keterbatasan, Anda bisa meraih hasil yang luar biasa.

Saya membahas lebih jauh tentang prinsip daya ungkit di ebook saya yang bisa Anda pelajari disini.

3 thoughts on “Cara Agar Bisa Kerja Cerdas”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *