| | | |

Cara Mencari Waktu untuk Ibu Rumah Tangga Untuk Bisnis

cara-mencari-waktu-untuk-ibu-rumah-tangga

Bagaimana Cara Mencari Waktu untuk Ibu Rumah Tangga? Padahal banyak peluang untuk ibu-ibu rumah tangga. Padahal banyak ibu-ibu yang ingin memiliki penghasilan tanpa harus meninggalkan anak-anak di rumah. Bagaimana caranya?

Menarik, jika Anda jeli, tentu Anda melihat kata “mencari” bukan “mengatur”. Kebanyakan orang berpikir manajemen waktu, artinya mengatur waktu. Namun disini saya berbicara, “mencari”.

Koq waktu dicari? Ya, kita tidak akan bermain kata-kata dengan definisi naif yang tidak berguna. Maksudnya mencari waktu adalah mencari waktu yang sebenarnya atau seharusnya ada, tetapi seolah waktu itu tidak ada. Seolah hidup kita sudah penuh, tidak bisa lagi. Kita akan bahas bagaimana cara mencari waktu itu.

Cara Mencari Waktu Dengan Konsep Batu Besar

Saat Anda berpikir, bahwa tidak ada lagi waktu untuk hal yang lain, coba perhatikan gambar dibawah ini:

big-rock

Jika Anda memasukan batu ke gelas yang berisi pasir, apakah akan masuk semua? Saya yakin tidak akan semua batu masuk. Artinya tidak ada lagi ruang yang bisa diisi oleh batu.

Seperti itu juga dengan waktu, kadang kita tidak bisa lagi melakukan hal-hal baru karena sudah tidak ada lagi waktu yang kosong. Tidak ada waktu!

Namun, akan berbeda jika kita berpikir terbalik. Bagaimana jika pasir yang ada dalam gelas dimasukan ke gelas yang sudah berisi batu? Kemungkinan besar, pasir itu bisa masuk.

Coba simak video dibawah ini sampai selesai:

Hikmahnya apa? Sebenarnya masih ada ruang-ruang kosong dalam setiap aktivitas kita. Hanya saja tidak terlihat. Dengan perubahan cara mengatur tindakan Anda, maka Anda bisa menemukan waktu itu. Kuncinya adalah mana dulu yang harus dimasukan ke dalam gelas, pasir dulu atau batu dulu?

Begitu juga dalam aktivitas, Anda harus mengetahui mana yang termasuk batu besar dan mana yang termasuk pasir. Lalu, aturlah mana dulu yang harus menjadi prioritas. Apa yang menjadi big rock (batu besar) Anda, kemudian prioritaskan.

Waktu Hilang Karena Tidak Produktif

Semua orang pasti pernah merasa waktu terasa terlalu cepat berlalu dan belum sempat menyelesaikan semua pekerjaan yang ada di depan mata. Rasanya seperti 24 jam sehari tidak cukup untuk menyelesaikan segalanya. Padahal, waktu itu setiap orang memiliki jumlah yang sama.

Lalu, mengapa ada orang yang terlihat mampu menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu yang terbatas? Jawabannya adalah produktivitas. Jadi, cara mencari waktu itu adalah dengan meningkatkan produktivitas.

Produktivitas menjadi kunci utama agar waktu terasa cukup untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang ada. Namun, seringkali kita merasa waktu terbatas karena kita tidak produktif. Kita akan membahas mengenai bagaimana meningkatkan produktivitas sebagai cara mencari waktu.

Apa itu Produktivitas?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara meningkatkan produktivitas, kita perlu mengetahui apa itu produktivitas. Produktivitas adalah kemampuan untuk menghasilkan output atau hasil yang maksimal dengan waktu dan sumber daya yang tersedia. Dalam konteks pekerjaan, produktivitas sering dikaitkan dengan efisiensi dan efektivitas dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.

Mengapa Produktivitas Penting?

Produktivitas penting karena memungkinkan kita untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang terbatas. Ketika kita produktif, kita dapat mengoptimalkan waktu dan sumber daya yang tersedia untuk menghasilkan hasil yang maksimal. Dalam dunia kerja, produktivitas juga menjadi faktor penting dalam menentukan kinerja individu dan kesuksesan perusahaan.

Orang yang tidak produktif mengerjakan suatu pekerjaan 8 jam. Ternyata pekerjaan sama dilakukan orang yang lebih produktif hanya dengan 2 jam. Jelas, karena tidak produktif, dia kehilangan waktu 6 jam. Jadi produktivitas adalah cara mencari waktu yang hilang.

Mengapa Kita Tidak Produktif?

Ada beberapa alasan mengapa kita tidak produktif. Salah satunya adalah kurangnya motivasi atau semangat dalam menyelesaikan tugas. Ketika kita tidak termotivasi, kita cenderung mengalihkan perhatian ke hal-hal lain yang lebih menarik, seperti media sosial atau hiburan lainnya. Selain itu, kurangnya konsentrasi dan fokus juga menjadi penyebab utama ketidakproduktifan. Kita seringkali terganggu oleh hal-hal di sekitar, seperti suara bising atau pesan masuk di ponsel.

Kesimpulan

Produktivitas menjadi kunci utama agar waktu terasa cukup untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang ada. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas, di antaranya adalah membuat daftar prioritas, mengatur waktu dengan baik, menghilangkan gangguan, membuat target yang realistis, dan meningkatkan konsentrasi dan fokus. Dengan meningkatkan produktivitas, kita bisa merasa lebih efisien dan sukses dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada.

FAQ

  1. Apakah meningkatkan produktivitas sulit dilakukan?
  • Tidak, dengan cara-cara yang tepat, meningkatkan produktivitas bisa dilakukan dengan mudah.
  1. Apa yang harus dilakukan jika terlalu lelah dalam menyelesaikan tugas?
  • Memberi waktu istirahat yang cukup sangat penting agar bisa kembali fokus pada tugas setelahnya.
  1. Apakah membuat daftar prioritas membantu dalam meningkatkan produktivitas?
  • Ya, dengan membuat daftar prioritas, kita bisa fokus pada tugas-tugas yang paling penting dan mendesak terlebih dahulu.
  1. Apa yang harus dilakukan jika terganggu oleh hal-hal di sekitar?
  • Menghilangkan gangguan bisa dilakukan dengan mematikan ponsel atau menutup pintu ruangan agar tidak terganggu oleh suara dari luar.
  1. Apakah meningkatkan produktivitas bisa membuat kita lebih sukses dalam karir?
  • Ya, meningkatkan produktivitas menjadi faktor penting dalam menentukan kinerja individu dan kesuksesan perusahaan.

Menarik? Masih ada trik-trik mengatur tindakan kita yang tidak kalah dahsyat, yang saya tulis di Modul Revolusi Waktu.

Dapatkan Update Via WhatsApp Channel

Dapatkan Update Via Telegram Channel

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *