Semua karyawan tentunya ingin mendapatkan promosi jabatan dari atasan atau tempat kita bekerja. Bagaimana cara mendapatkan promosi jabatan? Apakah terjadi begitu saja?

Memangnya bisa hanya dengan berpikir positif?

Mulailah, dari sekarang untuk berpikir positif. Pertanyaan diatas menandakan masih ada pikiran negatif dari diri Anda. Mengapa bertanya seperti itu? Padahal tidak ada yang mengatakan hanya dengan berpikir positif.

Yang dimaksud dengan berpikir positif disini adalah, berpikir positif sebagai komponen kunci dari ikhtiar kita untuk meraih sukses dalam karir selain komponen-komponen lainnya seperti kemampuan, disiplin, kerja keras, pendidikan, dan sebagainya.

Karena, semua hal yang memungkinkan Anda sukses dalam karir bisa percuma jika kita tidak memiliki pikiran positif.

Saya pernah menghadiri seminar dari seorang pengusaha yang mampu bertahan di tengah krisis. Dia tidak segan untuk memecat karyawan yang negatif, meski pun dari sisi hal lainnya karyawan tersebut sangat baik. Begitu juga yang dilakukan oleh Steve Job (pendiri Apple) yang memecat insinyur terbaiknya gara-gara berpikir negatif.

Cara Mendapatkan Promosi Jabatan Dari Atasan Dengan Berpikir Positif

Pikiran Negatif Tidak Akan Pernah Membantu

Salah satu fenomena dalam dunia kerja adalah adanya orang-orang yang berusaha meraih promosi jabatan dengan cara-cara yang tidak baik. Seperti menjilat, nepotisme, mengancam, menjatuhkan orang lain, dan sebagainya.

Itu memang terjadi. Dan ini tidak bisa dihindari. Bukan hanya dalam dunia karir, orang-orang jahat ada dalam segala bidang. Dalam bisnis pun ada. Dalam perebutan hati lawan jenis juga ada. Dan berbagai persaingan lainnya.

Yang terpenting adalah kita bukan bagian dari orang-orang seperti itu. Saya yakin, Anda yang membaca artikel ini adalah orang-orang baik, bukan seperti mereka. Namun yang saya khawatirkan adalah saat kita menyikapinya dengan negatif.

Misalnya muncul pikiran negatif: “buat apa bekerja keras, toh yang diangkat mereka yang dekat saja atau yang pandai membual.”

Jika Anda memiliki pikiran negatif seperti ini, maka Anda tidak akan pernah berusaha menjadi lebih baik. Anda sudah pesimis duluan dan tidak punya harapan.

Mari kita lupakan dulu pikiran negatif. Yaitu prasangka negatif mengapa orang mendapatkan promosi jabatan. Misalnya karena kedekatan atau karena orang itu pandai menjilat. Mungkin ada, tetapi kita fokuskan diri ini kepada hal yang positif.

Sebuah perusahaan atau seorang atasan pastinya ingin mengangkat seseorang yang bisa diandalkan. Jika hanya memilih berdasarkan kedekatan atau orang yang menjilat, sebenarnya mereka sedang merusak diri sendiri. Dan Anda tidak perlu bekerja di tempat seperti itu.

Jika kebetulan, Anda masih bekerja di tempat seperti itu, pikiran negatif tidak akan pernah membantu. Tetaplah berpikir positif, tetap bekerja sebaik mungkin. Promosi jabatan tidak selamanya dari perusahaan yang sama, bisa dari perusahaan luar.

Jika kita habiskan dengan berpikir negatif, kemudian kita tidak berusaha menjadi lebih baik, maka kita akan menghabiskan waktu tanpa adanya peningkatan diri. Sama saja dengan menutup peluang, setidaknya mengurangi peluang.

Jangan dulu berpikir cara mendapatkan promosi jabatan jika masih berpikir negatif.

Bagaimana Berpikir Positif Menjadi Cara Mendapatkan Promosi Jabatan?

Begini penjelasan mengapa memiliki pikiran positif sebagai cara mendapatkan promosi jabatan. Berpikir positif dapat membantu dalam mendapatkan promosi jabatan dari atasan dengan cara:

Lebih percaya diri dan siap menghadapi tantangan:

  • Berpikir positif dapat membuat Anda lebih percaya diri.
  • Dan orang yang lebih percaya diri akan lebih siap menghadapi tantangan.
  • Orang yang siap menghadapi tantangan akan lebih produktif dan efektif dalam bekerja.
  • Anda akan selalu siap untuk menerima tugas yang besar dan menyelesaikannya.
  • Kontribusi Anda terhadap perusahaan akan semakin besar. Ini bagus untuk karir Anda.

Menciptakan peluang peningkatan baru:

  • Orang yang berpikir positif akan terus menemukan peluang perbaikan baru dalam pekerjaan,
  • Sehingga yang dapat meningkatkan kinerja dan menunjukkan kompetensi Anda kepada atasan.
  • Orang yang berpikir positif tidak akan bekerja begitu-begitu saja.
  • Dia akan selalu menemukan cara agar kinerjanya lebih baik.

Berani mengambil tanggung jawab:

  • lebih siap untuk mengambil tanggung jawab,
  • menyelesaikan tugas dengan baik,
  • tidak suka mencari alasan dan menyalahkan,
  • meningkatkan kredibilitas Anda di mata atasan.

Menjaga semangat:

  • tetap bersemangat,
  • tetap fokus dalam mencapai tujuan Anda,
  • meningkatkan kinerja Anda.

Perusahaan tidak akan mempromosikan seseorang yang loyo. Maka Anda perlu menjaga semangat. Dan semangat akan terjaga terus jika memiliki pikiran positif.

Membuat Anda lebih diakui:

  • lebih diakui oleh atasan dan rekan kerja karena sikap yang positif dan proaktif akan menunjukkan bahwa
  • Anda adalah orang yang aktif dan siap untuk mengambil inisiatif.

Ini sangat penting. Jangan sampai kehebatan Anda tidak diakui. Dan pengakuan ini akan muncul dari sikap yang positif. Dan tidak ada sikap positif tanpa pikiran positif.

Membuat Anda lebih mudah dalam berkomunikasi:

  • lebih mudah dalam menyampaikan pendapat dan
  • lebih menjelaskan ide-ide Anda.
  • lebih percaya diri dan
  • lebih mudah dalam berkoordinasi dengan atasan dan rekan kerja.

Banyak orang hebat tidak terlihat. Salah satu penyebabnya karena mereka kurang memiliki kemampuan berkomunikasi. Salah satu penghambat terbesar dari komunikasi adalah pikiran negatif.

Membuat Anda lebih dipercaya:

  • lebih dipercaya oleh atasan
  • Anda adalah orang yang dapat diandalkan dan
  • dapat dipercayakan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.

Membuat Anda lebih terlihat menonjol:

  • Lebih “terlihat” di mata rekan, atasan, dan perusahaan
  • Lebih mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan promosi

Membuat Anda lebih adaptif:

  • lebih adaptif terhadap perubahan lingkungan kerja dan situasi yang tidak pasti,
  • dapat meningkatkan kinerja Anda dan
  • menunjukkan kemampuan Anda untuk beradaptasi dengan situasi yang berubah.

Membuat Anda lebih berpikir kreatif:

  • lebih berpikir kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan masalah dan mencari solusi,
  • dapat meningkatkan kinerja Anda dan
  • menunjukkan kemampuan Anda untuk berpikir kreatif dan inovatif.

Cara Memiliki dan Menjaga Pikiran Positif Sebagai Cara Mendapatkan Promosi Jabatan

Langkah Pertama adalah Mengetahui.

Artinya mengetahui pikiran-pikiran positif.

Sebagai contoh, salah satu pikiran positif yang saya ambil dari Al Quran:

Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).” (QS. Ar Rahman : 60)

Ini bisa diterapkan dalam dunia kerja, bisnis, dan aspek kehidupan. Fokus saja berbuat baik, bekerja sebaik mungkin, baik kepada perusahaan, baik kepada atasan, baik kepada rekan kerja, dan baik kepada bawahan.

Kemudian yakin kebaikan akan kembali kepada kita. Dan, kebaikan tidak selalu dan tidak harus datang dari orang atau pihak yang kita berbuat baik kepadanya. Yang jelas kebaikan itu akan datang.

Cara mengetahui mindset positif, kita perlu memperluas wawasan dengan belajar. Baik membaca ebook, buku, nonton video, belajar langsung, dan sebagainya. Salah satunya dari ebook Beautiful Mind Power.

Langkah Kedua adalah Menerimanya.

Mindset tentang kebaikan ini tidak akan berguna, meski Anda sudah mengetahuinya tetapi tidak menerimanya. Tentu, jika datang dari Al Quran, orang yang mengimaninya akan menerima.

Seringkali pikiran positif atau mindset positif juga datang dari orang biasa. Misalnya dari pengusaha sukses. Anda boleh menerima atau menolaknya. Mana yang Anda terima dan mana yang Anda tolak akan menentukan bagaimana mindset Anda selanjutnya.

Maka bersiaplah untuk menerima mindset yang mungkin kita tidak menyukainya, tetapi itu akan membawa Anda kepada keberhasilan. Misalnya:

Sukses itu ada harganya, semakin besar sukses akan semakin besar harga yang harus kita bayarkan. Harga sukses itu adalah pengorbanan.”

Tahukah Anda, banyak orang yang menolak mindset ini. Mereka yang tidak mau berkorban. Maka dalam hidupnya dia tidak akan pernah mau berkorban. Misalnya dia tetap menghabisan waktu untuk main game atau nonton film dari pada membangun bisnis. Dia tidak mau mengorbankan kesenangannya.

Tapi bagi orang yang menerima mindset itu, maka dia siap mengorbankan sebagian kesenangannya untuk sesuatu yang lebih bermanfaat. Misalnya mengurangi waktu nonton atau mind game, kemudian digunakan untuk membuat materi atau konten.

Ini adalah keputusan. Mana saja yang mau Anda terima, dan yang ditolak.

Langkah Ketiga adalah Menerapkannya.

Mindset akan menjadi dasar tindakan Anda. Cara menerapkan mindset ialah dengan memastikan setiap keputusan dan waktu yang Anda habiskan sesuai dengan minset Anda.

Tapi bagaimana jika mindset kita banyak? Akan sulit jika selalu mempertimbangkan setiap keputusan.

Tenang, kita sudah dianugrahi dengan potensi yang luar biasa. Ada otomatisasi dalam diri kita yang membuat kita mengambil keputusan lebih mudah. Dan sebenarnya ini sudah berjalan sejak lahir.

Bahwa, kebanyakan keputusan kita adalah dikendalikan oleh pikiran bawah sadar. Bahkan, disaat Anda “merasa” berpikir dengan pikiran sadar, tanpa sadar, Anda pun mengakses apa yang ada di pikiran bawah sadar.

Intinya adalah pikiran bawah sadar Anda yang sebenarnya mengendalikan keputusan dan tindakan. Maka, agar keputusan dan tindakan kita sesuai dengan mindset atau pola pikir positif, maka kita harus memprogram pikiran bawah sadar kita.

Bagaimana caranya, detilnya dijelaskan juga di ebook Beautiful Mind Power.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *