Cara Menjadi Marketing Bank yang Sukses

Cara Menjadi Marketing Bank yang Sukses. Yang dimaksud marketing disini adalah seorang sales atau dalam bahasa Indonesia sebenarnya disebut wiraniaga.

Ya, seringkali profesi sales disamarkan menjadi marketing, padahal marketing (pemasarannya) cakupannya lebih luas dari sales. Sales bagian dari marketing.

Cara Menjadi Marketing Bank yang Sukses

3 Cara Menjadi Marketing Bank yang Sukses

OK, jadi pembahasan Cara Menjadi Marketing Bank yang Sukses sebenarnya adalah Cara Menjadi sales/wiraniaga Bank yang Sukses. Ada 3 jurus penting agar Anda menjadi seorang sales bank yang sukses.

Pertama: Percaya kepada produk yang ditawarkan.

Pengetahuan tentang produk adalah sangat penting, namun jauh lebih penting adalah percaya kepada produk yang Anda jual. Untuk percaya kepada produk, tentu membutuhkan pengetahuan produk yang memadai.

Mengapa percaya kepada produk sangat penting, sebab ini akan menjadi sumber energi bahwa Anda menawarkan produk sebenarnya adalah membantu orang. Anda percaya bahwa produk Anda akan memberikan manfaat kepada orang lain, maka Anda sebenarnya membantu untuk memberikan nilai dan manfaat.

Saat Anda percaya bahwa produk yang Anda tawarkan akan menjadi solusi. Maka saat Anda menawarkan produk, sebenarnya Anda sedang membantu prospek untuk mendapatkan solusi atas masalah yang dia hadapi.

Mindset akan berubah, bukan sekedar mendapatkan uang, tetapi membantu orang lain. Ini mulia, ini sebuah panggilan, dan ini akan menginspirasi.

Kedua: Miliki Sikap positif.

Diantara sikap positif yang perlu Anda miliki adalah percaya diri, memiliki motivasi yang tinggi, tidak malas, dan pantang menyerah. 85% keberhasilan Anda ditentukan oleh sikap Anda. Bukan masalah teknis, masalah teknis hanya memiliki kontribusi 15% terhadap keberhasilan Anda.

Jadi, cara menjadi marketing bank yang sukses adalah bangunlah sikap positif atau mental baja pada diri Anda. Sebab ini yang diperlukan oleh seorang sales.

Memang tidak mudah, perlu mental yang luar biasa kuat. Namun pada kenyataannya, sales adalah salah satu profesi yang menjanjikan dengan imbalan yang tidak terbatas. Tentu saja untuk mendapatkan imbalan tak terbatas itu diperlukan perjuangan, modal, dan pengorbanan tidak sedikit.

Cara Menjadi Marketing Bank yang Sukses itu adalah harus memiliki sikap positif diantaranya:

  1. Percaya diri: Memiliki keyakinan pada diri sendiri dan kemampuan Anda dalam menjalankan tugas-tugas pemasaran.
  2. Motivasi tinggi: Memiliki semangat dan motivasi yang kuat untuk mencapai tujuan pemasaran Anda.
  3. Ketekunan: Tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan dan hambatan yang mungkin muncul.
  4. Kreativitas: Mampu berpikir di luar kotak dan menghasilkan ide-ide pemasaran yang inovatif.
  5. Komunikasi yang efektif: Memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk menjalin hubungan baik dengan nasabah dan rekan kerja.
  6. Kolaborasi: Mampu bekerja sama dalam tim dengan rekan-rekan marketing dan departemen lain untuk mencapai hasil yang lebih baik.
  7. Kerendahan hati: Bersedia belajar dari orang lain dan menerima masukan untuk terus berkembang.
  8. Ketahanan: Mampu menghadapi tekanan dan mengatasi tantangan dalam lingkungan pemasaran yang kompetitif.

Silahkan miliki produk-produk Zona Sukses untuk membina mental Anda menjadi mental sukses.

Ketiga: Tingkatkan keterampilan menjual.

Meski saya menyebutkan bahwa masalah teknis hanya memberikan kontribusi 15%, tetap saja memberikan kontribusi atas keberhasilan Anda. Tidak akan mencapai 100% jika tanpa yang 15% ini.

Sebenarnya, tanpa penguasaanya masalah teknis, Anda masih bisa berhasil jika sudah memiliki sikap yang positif. Namun peluangnya belum 100%, jadi akan jauh lebih baik jika Anda menguasai masalah teknis juga seperti keterampilan menjual.

Bagaimana cara mengumpulkan lead, menyaring menjadi lead, menghubungi, presentasi, closing, dan sebagainya. Ini harus Anda kuasai jika ingin meningkatkan efektivitas Anda dalam menjual. Ini yang perlu Anda kuasai sebagai cara menjadi marketing bank yang sukss.

Lebih lengkapnya:

  1. Prospeksi: Mampu mencari dan mengidentifikasi prospek atau calon pelanggan potensial.
  2. Penyaringan: Mampu menyaring prospek dan menentukan mana yang memiliki potensi tertinggi untuk menjadi pelanggan.
  3. Presentasi: Mampu menyampaikan informasi produk atau layanan dengan jelas dan menarik kepada prospek.
  4. Negosiasi: Mampu bernegosiasi dengan prospek untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.
  5. Mendengarkan aktif: Mampu mendengarkan dengan baik kebutuhan dan keinginan prospek untuk memberikan solusi yang tepat.
  6. Penutupan: Mampu mengarahkan prospek menuju pembelian atau tindakan tertentu yang diinginkan.
  7. Pelayanan pelanggan: Mampu memberikan pelayanan yang baik dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Penutup

Sebenarnya, ini bukan hanya Cara Menjadi Marketing Bank yang Sukses, juga: cara menjadi marketing asuransi yang sukses, cara menjadi marketing property yang sukses, dan marketing lainnya. Pada prinsipnya sama. Dan yang perlu diyakini adalah kemampuan marketing atau menjual bisa dipelajari oleh semua orang.

Intinya, Cara Menjadi Marketing Bank yang Sukses itu adalah:

  1. Percaya kepada produk yang ditawarkan.
  2. Miliki sikap positif, termasuk percaya diri, motivasi tinggi, tidak malas, dan pantang menyerah.
  3. Tingkatkan keterampilan menjual, termasuk mengumpulkan lead, menyaring lead, menghubungi, presentasi, closing, dan sebagainya.

Demikianlah pembahasan cara menjadi marketing bank yang sukses, semoga bermanfaat.

Dapatkan Update Via WhatsApp Channel

Dapatkan Update Via Telegram Channel

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *