Pernahkah Anda memikirkan bahwa kekuatan konsentrasi berperan penting dalam hidup Anda?

Banyak masalah yang terjadi pada diri kita karena kurangnya konsentrasi. Banyak hal yang bisa kita raih lebih dan lebih banyak, jika kita mampu berkonsentrasi. 

Pentingnya konsentrasi bagi keberhasilan kita itu sangat nyata. Banyak orang sulit sukses karena kurang konsentrasi.

Sayangnya, masih banyak yang belum menyadari pentingnya konsentrasi. Kemudian, apa itu konsentrasi dan bagaimana agar kita bisa konsentrasi.

Melalui artikel ini, saya ingin berbagi tentang kekuatan nyata konsentrasi bagi keberhasilan dan pencapaian Anda.

Kekuatan Konsentrasi

Kesulitan Konsentrasi

Kemampuan untuk memusatkan semua perhatian Anda sangat penting. Tidak peduli tugas atau pekerjaan apa yang harus Anda selesaikan. Tidak ada hal besar atau signifikan yang dapat dicapai tanpa usaha dan konsentrasi yang tepat. Inilah Kekuatan Konsentrasi.

Dan hampir semua dari kita memiliki kesulitan dalam meng-konsentrasi-kan perhatian kita.

Bagaimana dengan Anda?

Para pekerja di bisnis dan industri, pelajar di sekolah menengah dan perguruan tinggi, dan bahkan profesor di universitas, mengeluhkan kesulitan yang sama.

Dikatakan bahwa kekuatan untuk memusatkan semua perhatian Anda sangat penting. Kekuatan konsentrasi mempengaruhi hampir semua (jika tidak semua) aktivitas mental. Tidak peduli dari sudut mana kita memandang pikiran, keunggulan pikiran tampaknya selalu bergantung pada kekuatan untuk memusatkan semua perhatian kita.

Kenapa sulit konsentrasi?

Sebelum kita menjawab pernyataan ini, kita bahas dulu apa sich konsentrasi itu.

Apa Itu Konsentrasi?

Konsentrasi dapat didefinisikan sebagai keadaan pikiran di mana seluruh energi individu, fisik maupun mental, difokuskan pada hal yang mereka lakukan atau pikirkan. Semua tindakan dan semua pikiran yang TIDAK berhubungan dengan apa yang mereka lakukan atau pikirkan dijauhkan dari pikiran

Jika kita memeriksa seorang anak yang sedang tumbuh, salah satu hal pertama yang akan kita lihat adalah kekuatan yang mereka miliki dalam diri mereka untuk “memperhatikan atau memperhatikan sesuatu. ”.

Ketika kita memeriksa kemampuan orang dewasa normal, kita melakukannya melalui tes yang membutuhkan konsentrasi perhatian yang cermat, dan kita menganggap siapa pun yang mampu mempertahankan perhatian yang terfokus dan terkonsentrasi untuk jangka waktu yang lama sebagai orang yang memiliki pikiran atau kemauan yang kuat.

Kekuatan Konsentrasi menjadi salah satu tolak ukur kualitas seseorang.

Kenapa Sulit Konsentrasi?

Ada dua penyebab kenapa sulit konsentrasi. Yang pertama masalah medis. Dan yang kedua lebih kepada masalah bagaimana kita mengendalikan pikiran.

Saya tidak akan membahas tentang penyebab medis dan bagaimana cara mengatasinya. Itu bagian dokter atau ahlinya dan saya bukan ahli medis.

Cakupan artikel ini hanya akan membahas penyebab konsentrasi yang kedua, yaitu kurangnya kendali terhadap pikiran kita. Saya anggap pikiran kita sehat secara medis, hanya saja kurang bisa mengendalikan pikiran untuk konsentrasi.

Cara Melatih Kekuatan Konsentrasi Pikiran

Cara meningkatkan konsentrasi dan fokus pada dasarnya adalah dengan cara melatih pikiran kita. Yaitu secara berulang-ulang melatih pikiran kita agar konsentrasi.

Konsentrasi sebenarnya dapat dipecah menjadi 2 bagian saja:

  1. Pemusatan sukarela dari semua daya dan perhatian kita dalam memilih objek tertentu untuk diperhatikan. 
  2. Dan mengabaikan objek lain yang berperan sebagai pengalih perhatian.

Kita mulai dengan bagian kedua, yaitu mengabaikan gangguan. Kemudian nanti kita bahas bagaimana agar kita bisa memusatkan perhatian pada objek.

Abaikan Gangguan Sekitar Anda

Meskipun kita telah mempersiapkan dengan sangat hati-hati, masih akan ada gangguan yang tidak dapat dihilangkan. Misalnya, Anda tidak dapat menghentikan suara pesawat terbang di atas atau mobil yang lewat saat Anda mencoba bekerja, merencanakan, atau belajar.

Dan Anda tidak dapat membangun pagar di sekitar pikiran dan fokus pikiran Anda untuk mencegah ide-ide yang tidak diinginkan dan tidak relevan. 

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menerima hal yang tak terhindarkan bahwa kehadiran beberapa gangguan akan selalu ada. Juga menyadari bahwa dalam rangka untuk berkonsentrasi dan memperhatikan dengan baik, perlu untuk membentuk kebiasaan mengabaikan gangguan ini.

Anda bisa memulainya dengan berusaha keras untuk mengabaikan semua gangguan, berlatih mengabaikannya, dan berusaha sebaik mungkin untuk tidak membiarkan kesalahan terjadi.

Banyak yang orang sering mengeluh. “Saya tidak bisa konsentrasi karena banyak gangguan.” Mulai sekarang ubah perkataan tersebut menjadi, “Saya akan berusaha konsentrasi meski banyak gangguan.”

Jika di saat pertama atau awal-awal mencoba terasa susah, itu adalah hal biasa. Wajar. Teruslah latih. Seperti naik sepeda, awal-awal mudah jatuh. Namun semakin sering kita mencoba, akan semakin lancar.

Begitu juga dengan mengatasi gangguan. Di awal akan sulit, lama-lama, jika terus berlatih, akan bisa mengabaikan gangguan.

Kembangkan Minat Pada Objek Perhatian

Juga pada saat yang sama, cobalah untuk mengembangkan minat pada objek yang sedang Anda perhatikan. Karena kita cenderung lebih memperhatikan hal-hal yang paling kita minati.

Mudah bagi siapapun untuk mengatakan, “berkonsentrasi”, tetapi Anda perlu tahu persis bagaimana berkonsentrasi. Ingatlah bahwa berkonsentrasi hanyalah tindakan mengerahkan seluruh tubuh dan pikiran Anda, pada tugas atau tindakan yang ada.

Setiap usaha pikiran, apakah itu untuk

  • Melihat sesuatu
  • Mengingat sesuatu
  • Mengasosiasikan sesuatu
  • Membayangkan sesuatu
  • Bahkan untuk menilai sesuatu

Semua harus melibatkan konsentrasi dari beberapa fakultas pikiran pada tindakan tertentu, tugas atau tindakan, apa pun itu!

Saat Anda mulai mengembangkan minat yang kuat dalam bidang pekerjaan atau studi Anda, dan saat Anda mengembangkan kebiasaan mengabaikan gangguan – Anda akan dapat memusatkan kekuatan perhatian Anda lebih mudah.

Kemampuan Pikiran Lainnya Meningkat

Fakta penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah bahwa saat Anda mengembangkan kekuatan untuk memilih objek untuk menjadi fokus konsentrasi semua perhatian Anda. Anda juga mengembangkan (pada saat yang sama) proses kekuatan pikiran lainnya. Anda akan meningkatkan kemampuan untuk mengingat dan mengingat lebih banyak lagi. Anda dapat menyempurnakan dan mengelola waktu dan usaha Anda dengan lebih baik.

Dan juga kekuatan untuk mengendalikan pikiran dan tindakan Anda di masa depan.

Singkatnya, mengembangkan kekuatan Anda untuk berkonsentrasi dan memusatkan semua perhatian Anda berarti mengembangkan kekuatan dalam semua proses mental. Dengan itu, kami ingin mengakhiri dengan memberi Anda, 2 kunci utama meningkatkan konsentrasi.

2 Kunci Utama Konsentrasi

Bagi setiap dari kita, konsentrasi akan selalu berarti,

1. Memilih dan memusatkan perhatian pada apa yang paling penting bagi kita, dan mengabaikan apa yang tidak penting dan juga mengetahui tugas dan pekerjaan mana yang memiliki prioritas utama.

2. Anda harus mengidentifikasi sendiri apa yang paling penting dan esensial bagi Anda – dan mencoba menyaring yang lainnya.

Ini adalah dua langkah utama menuju pengembangan konsentrasi yang kuat dengan mengenali yang esensial dan meninggalkan yang tidak esensial.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *