Banyak orang yang mencari rumus atau formula sukses. Banyak sebenarnya dan sudah banyak yang berbagi formulanya. Pertanyaan apakah itu rumus sukses yang tepat untuk Anda?

Sebab, formula yang cocok untuk orang lain, belum tentu cocok untuk kita. Tapi bukan berarti kita tidak perlu belajar dari orang lain. Kita tetap bisa mengambil pelajaran dari rumus sukses orang lain.

Namun yang perlu difahami adalah rumus sukses orang lain belum tentu cocok dengan kita. Bukan berarti tidak berguna, tetapi perlu penyesuaian dengan kondisi. Baik itu kondisi pribadi Anda maupun kondisi tantangan yang dihadapi.

Juga tidak bijak jika kita merumuskan sukses dari nol. Mengapa harus dari nol? Akan lebih cepat jika kita mengembangkan rumus yang sudah ada, kemudian kita kembangkan dan sesuaikan agar berhasil untuk kita.

Bagaimana caranya? Kita pelajari di artikel ini.

rumus sukses yang tepat

Mencari Rumus Sukses Yang Tepat Adalah Keharusan

Apa sich rumus sukses itu?

Rumus yang dimaksud disini adalah terjemahan dari kata formula dalam bahasa Inggris. Jika diterjemahkan, formula bisa berupa rumus atau resep.

Baik resep atau rumus keduanya memiliki kesamaan, yaitu ada komponen atau bahan yang disatukan dengan aturan tertentu.

Begitu juga rumus sukses, yaitu komponen-komponen tertentu yang disatukan dengan cara atau aturan tertentu. Secara sederhana rumus sukses adalah tata cara atau sistem untuk meraih sukses.

Sukses apa? Untuk sukses apa pun. Jika Anda ingin sukses membuat mie instant, di kemasannya ada formula sukses masak mie instant. Jika kita ikuti maka kita bisa sukses membuat semangkuk mie instant.

Ada rumus sukses menjual. Ada rumus sukses bisnis online. Ada rumus sukses dalam karir. Ada rumus sukses membuat karya seni. Dan berbagai rumus dalam meraih sukses lainnya.

Mengapa Kita Membuat Rumus Sukses?

Ada dua alasan mengapa kita membuat rumus sukses.

  • Untuk memudahkan kita mengulangnya.
  • Untuk terus ditingkatkan.

Dan yang ketiga, Anda bisa mewariskan atau mengajarkan rumus sukses Anda.

Jika Anda penjual, maka menjual akan menjadi kegiatan yang Anda lakukan secara berulang-ulang. Maka akan sangat membantu jika Anda memiliki rumus menjual yang efektif.

Jika satu rumus sudah efektif, maka kita tinggal mengulanginya. Jika belum maka kita terus memperbaiki rumus tersebut sampai efektif.

Dan jika Anda sudah memiliki bisnis, rumus sukses Anda dalam melakukan aktivitas bisnis Anda, bisa menjadi sebuah sistem yang tinggal dilakukan oleh tim Anda.

Cara Membuat Rumus Sukses Yang Tepat

Misalnya bagaimana rumus sukses yang tepat untuk menjual?

Anda tidak perlu membuat rumus sukses menjual dari nol. Pelajari saja rumus sukses para penjual yang sudah ada. Misalnya belajar dari buku, pelatihan, atau dari mentor.

Dalam membuat rumus sukses, pastikan memiliki 3 unsur ini:

  • Komponen: apa saja yang harus dilakukan.
  • Takaran: berapa banyak melakukan komponen tersebut.
  • Urutan: bagaimana urutannya yang terbaik.

Unsur Rumus Sukses Yang Tepat

Komponen Utama Rumusan Sukses

Komponen utama rumus sukses adalah mindset. Misalnya prinsip. Kita ambil contoh dalam menjual online, apa prinsip-prinsip sukses menjual online?

Jika prinsip Anda salah, maka Anda bisa terjebak pada kesalahan sampai Anda memperbaiki prinsip Anda. Sebagai contoh, banyak orang yang memegang prinsip jualan online itu harus banyak promosi.

Salah? Tidak. Tapi kurang tepat. Misalnya Anda mengeluarkan biaya banyak untuk promosi. Produk Anda laku, tapi biaya promosi lebih besar dibanding keuntungan.

Percuma kan?

Jadi, bukan hanya promosi yang perlu diperhatikan. Anda juga perlu memperhatikan bagaimana agar lebih banyak orang yang melihat produk Anda membeli.

Misalnya, sebelumnya, dari 100 orang yang melihat produk Anda, 1 orang membeli. Misalnya ini masih rugi. Jika biaya promosi ditambah lagi, maka kerugian Anda akan semakin besar.

Jadi, Anda perlu memperbaiki cara menjual Anda, agar dari 100 orang yang melihat produk Anda, ada 5 orang yang membeli. Jika ini tercapai, barulah keuntungan lebih besar dibanding promosi.

Artinya menjual online itu bukan hanya promosi, tetapi cara menawarkan pun perlu diperhatikan. Misalnya penawarannya lebih menarik dengan kata-kata yang persuasif.

Angka-angka diatas hanya contoh. Yang penting memahami maksudnya. Artinya prinsip itu sangat penting. Kita memperbaiki prinsip jualan online yang sukses itu bukan hanya promosi, tetapi juga bagaimana membuat penawaran yang menarik dan kata-kata persuasif.

Apa prinsip sukses dalam karir? Apa prinsip sukses dalam bisnis Anda? Itu yang perlu Anda cari. Belajarlah kepada orang-orang yang Anda percaya. Lihat prinsip apa yang mereka pegang yang membuat mereka sukses.

Silahkan rumuskan prinsip Anda sekarang. Ini komponen utama dalam rumus sukses. Tidak ada prinsip yang pasti ampuh, Anda bisa perbaiki nanti sampai berhasil untuk Anda.

Komponen Lengkap Rumus Sukses

Berdasarkan prinsip yang sudah Anda miliki, maka susunlah langkah-langkahnya. Langkah-langkah untuk menerapkan prinsip Anda dalam praktek.

Anda bisa belajar dari orang lain untuk mengetahui langkah-langkah praktisnya. Bisa juga berdasarkan pengalaman pribadi. Bedanya sekarang tertulis.

Pastikan sesuai dengan prinsip yang sudah Anda rumuskan. Buatlah sampai Anda memiliki rumusan yang siap Anda terapkan setiap hari.

Sekali lagi, tidak ada yang sempurna. Anda bisa memperbaiki terus rumus Anda sampai berhasil.

Berapa Takarannya?

Berapa sendok garam yang harus dimasukan ke sayur sop? Jika terlalu sedikit akan hambar. Jika terlalu banyak akan keasinan. Anda perlu takaran yang tepat.

Begitu juga dalam hal lainnya. Anda perlu memahami takaran yang diperlukan untuk sukses. Misalnya Anda jualan online, berapa banyak posting konten yang dibutuhkan?

Kebanyakan orang terlalu sedikit. Hanya beberapa kali posting sudah berharap banyak. Tapi, terlalu banyak juga tidak baik, sehingga Anda tidak memperhatikan cara menjual yang baik.

Sekali lagi mengetahui takaran akan membutuhkan ilmu dan pengalaman. Dapatkan takaran itu dan masukan ke rumus sukses Anda.

Bagaimana Urutannya?

Saat kita membahas komponen lengkap diatas, kita sebenarnya sudah memasukan urutan pengerjaan. Namun urutan itu bisa Anda ubah-ubah sampai mendapatkan hasil yang terbaik.

Sebagai contoh, ada cara kerja dengan urutan serial atau urutan paralel. Mana yang lebih cocok? Anda coba. Bisa jadi kombinasi keduanya memberikan hasil terbaik.

Atau Anda bisa bisa mencoba langkah 3 menjadi langkah 1. Jika bisa dan memungkinkan memberikan hasil terbaik, kenapa tidak?

Rumus Sukses Yang Tepat: Konsisten Mendatangkan Hasil

Kapan sebuah rumus sukses disebut rumus sukses yang tepat? Saat rumus itu mendatangkan hasil secara konsisten.

Tapi, bukankah sebuah cara sukses itu tidak akan selamanya berlaku? Tentu saja. Saya tidak mengatakan akan selamanya konsisten. Tetapi cukup konsisten dalam selang waktu yang cukup.

Biasanya rumus sukses berkaitan dengan hal teknis dan detil, paling cepat usang. Bisa saja dalam hitungan bulan sudah usang dan tidak berhasil lagi. Anda perlu terus memperbaharuinya.

Rumus dalam tataran prosedur (diatas teknis) akan lebih lama bertahan menghasilkan secara konsisten. Dan yang paling lama adalah rumus dalam tataran prinsip. Meski pun, prinsip pun mungkin perlu diubah nanti.

Jadi ada perlu rumus sukses global untuk memastikan agar memberikan hasil konsisten:

  • Buatlah rumus sukses yang mendatangkan hasil
    • Prinsip sukses
    • Prosedur umum melakukan sesuatu
    • Langkah teknis atau detil melakukan sesuatu
    • Uji coba dan ukur sampai memberikan hasil
  • Monitor terus hasil-hasilnya
  • Lakukan perbaikan dan penyesuaian jika ada penurunan

Penutup

Kebanyakan orang tidak memiliki rumus sukses. Padahal orang-orang sukses besar itu memilikinya. Sadar atau tidak sadar, mereka menggunakan sebuah rumus sukses yang mereka lakukan berulang.

Sebagai contoh Warren Buffett dalam berinvestasi, dia tidak sembarang mengeluarkan uang membeli saham sebuah perusahaan. Tapi dia punya rumusan bagaimana memilih saham yang akan menguntungkan.

Nah, Anda pun bisa memiliki rumus sukses yang tepat untuk Anda.

Mau Dibimbing Menerapkan Artikel Ini?

Anda bisa mengikuti program Coaching dari Zona Sukses.

Hanya dengan Rp 99.000 Anda bisa mendapatkan bimbingan dari author Zona Sukses selama 1 jam via WA. Anda akan dibimbing bagaimana menerapkan artikel ini dalam hidup Anda.

Dapatkan bimbingan dan nasihat terbaik dari author Zona Sukses, silahkan hubungi admin untuk penjadwalan via WA: 0851-6307-4423.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *