Cara Menjadi Orang Sukses – Panduan Lengkap

Kita akan membahas, bagaimana cara menjadi orang sukses.

Mungkin Anda pernah membaca atau mendengar nasihat tentang sukses dan berbeda-beda. Pada kali ini, saya akan jabarkan secara jelas, bagaimana sich cara menjadi orang sukses itu.

Tujuan artikel ini, agar Anda faham dan tidak bingung arah hidup yang harus dijalana jika ingin menjadi orang sukses.

Maka, tanpa panjang lebar kita bahas. Persiapkan diri Anda.

Cara Menjadi Orang Sukses

Siapa Orang Sukses Itu?

Sebelum kita membahas bagaimana cara menjadi orang sukses, kita harus mengetahui terlebih dahulu siapa orang sukses itu.

Apakah orang sukses itu orang kaya? Belum tentu. Orang kaya itu bisa termasuk orang sukses, bisa juga bukan orang sukses. Kaya tidak sama dengan sukses.

Jadi, orang miskin? Orang kaya saja belum tentuk sukses, apalagi orang miskin. He he. Tapi, tunggu dulu, bisa saja diantara orang sukses itu dia adalah orang miskin.

Bingung?

Diluar sana banyak orang membuat kata-kata indah tentang sukses. Sayangnya kata-kata itu tdak dijamin kebenarannya. Namun karena indah dan menjadikan diri kita merasa lebih nyaman, maka kata-kata itu kita ambil dan diterima sebagai mindset.

Kita akan memahami siapa orang sukses setelah kita memahami makna sukses itu sendiri. Saya sudah membahasnya di artikel lain, Anda bisa membacanya di artikel berjudul Definisi Sukses.

Jika Anda belum sempat membaca artikel diatas, saya jelaskan disini secara singkat:

Sukses adalah tercapainya apa yang Anda inginkan dengan usaha sendiri.

Rahmat, www.zonasukses.com

Jadi, siapa orang sukses itu?

Jika Anda merujuk ke definisi sukses, maka Anda akan menemukan banyak orang sukses di sekitar Anda. Anda tidak bisa mengukur sukses dari kaya atau terkenal, cukup pada sebuah pencapaian spesifik.

Mungkin, ada tetangga Anda yang miskin, lebih miskin dibandingkan Anda, tetapi dia memiliki anak-anak yang shalih dan shalihah, maka dia adalah orang sukses dalam hal mendidik anak. Anda bisa belajar bagaimana membesarkan dan mendidik anak kepadanya.

Orang kaya bisa termasuk orang sukses, jika dia memang inginkan kaya kemudian dia berhasil meraihnya dengan usaha sendiri. Orang kaya karena warisan tidak disebut sukses. Tapi dia bisa menjadi orang sukses jika dia berhasil mempertahankankan dan menambah kekayaannya.

Apa target atau tujuan yang Anda capai? Siapa yang pernah mencapainya dengan baik? Maka dialah orang sukses yang bisa Anda ambil hikmahnya. Anda bisa mempelajari kisah orang sukses tersebut untuk diambil hikmah dan diaplikasikan dalam kehidupan Anda.

Lihatlah, mungkin bawahan Anda adalah orang sukses pada bidang tertentu, mungkin juga rekan kerja Anda, mungkin juga atasan Anda. Bisa jadi pesaing bisnis Anda, bisa jadi keluarga Anda. Orang sukses itu banyak, ambilah hikmah dari kisah mereka.

Tentu saja, Anda tetap bisa belajar dari kisah orang sukses yang terkenal, baik artis, pebisnis, olah ragawan, politikus, dan sebagainya. Anda akan selalu memetik hikmah dari mereka jika Anda mau membaca kisah orang sukses baik melalui buku atau pun artikel.

Termasuk, Anda bisa memetik hikmah meski dari orang yang bidangnya berbeda dengan Anda. Jadi selain Anda mengambil hikmah dari orang sukses yang satu bidang, jangan lupa untuk belajar kepada mereka yang tidak sebidang juga.

Setelah memahami apa itu sukses, maka cara menjadi orang sukses menjadi lebih jelas.

3 Kunci Cara Menjadi Orang Sukses

OK, sekarang kita bahas 3 kunci cara menjadi orang sukses.

Pertama: Punya Keinginan

Ya, langka pertamanya memiliki keinginan. Tidak ada keinginan, tidak ada sukses. Tapi, “keinginan saja tidak cukup”. Ya tentu saja. Dan, siapa yang bilang keinginan saja?

Keinginan adalah komponen pertama dari cara menjadi orang sukses. Lihat definisi sukses diatas. Yang kata kunci yang pertama adalah keinginan. Berarti ada kedua dan ketiga. Baca terus.

Keinginan itu bisa dalam bentuk cita-cita, tujuan, target, visi, atau misi.

Sekarang apa keinginan Anda? Seharusnya, jika Anda tertarik membaca artikel ini, Anda sebenarnya sudah punya keinginan. Minimal sesuai dengan bayangan Anda sukses itu seperti apa. Mungkin kaya, banyak uang, terkenal, dan sebagainya.

Yang diperlukan adalah kejelasan dari keinginan Anda. Kenapa, semakin jelas apa yang anda inginkan, maka akan semakin jelas cara meraihnya.

Jadi, cara menjadi orang sukses yang pertama adalah memiliki keinginan. Bisa berupa visi, tujuan, atau target.

Kedua: Bersedia Membayar Harganya

Untuk mendapatkan keinginan Anda, itu ada harganya. Analoginya, jika Anda mengungunkan sebuah benda, maka Anda harus bersedia membayar. Semakin banyak, semakin besar, semakin bagus, maka harganya pun akan semakin besar.

Begitu juga dengan meraih sukses. Misalnya Anda ingin menikmati mie instant. Maka harga yang harus Anda bayar bukan hanya uang untuk untuk membeli mie instant, tetapi juga usaha membuatnya. Mungkin, cukup beberapa menit, Anda sudah menjadi orang sukses, yang menikmati mie instant.

Tapi berbeda, jika keinginan Anda memiliki penghasilan Rp 10.000.000 per bulan. Selain harus menghabiskan waktu sekolah dan kuliah, pengalaman kerja sekian tahun, dan bekerja dari pagi sampai sore setiap hari. Itu contoh harga.

Aneh jika berharap penghasilan kerja dengan gaji Rp 10.000.000, tetapi usahanya sama dengan usaha membuat mie instant. Anehnya, banyak orang seperti itu.

Apalagi jika penghasilan Anda ingin ratusan juta. Harganya akan berbeda.

Jika Anda tetap tidak mau capek, tapi pemasukan ingin Rp 10.000.000 per bulan. Itu juga ada harganya. Beli properti yang bisa disewakan dengan biaya sewa Rp 10.000.000 per bulan. Berapa harga propertinya? Itu adalah harga kesuksesan Anda.

Ya, harga kesuksesan itu bisa materi (modal), bisa juga kerja keras, bisa juga pengorbanan waktu, pengorbanan perasaan, dan sebagainya. Saya membahasnya lebih detil di artikel Harga Kesuksesan ini.

Poin yang ingin saya sampaikan disini adalah: cara menjadi orang sukses itu bersedia membayar harga kesuksesan. Artinya, cara menjadi orang sukses artinya harus bersedia membayar harga sukses.

Bersedia? Jika ya, lanjut. Jika tidak, tutup saja artikel ini.

Ketiga: Mampu Membayar Harga Kesuksesan

Dan yang ketiga adalah mampu membayar harganya. Setelah punya keinginan dan bersedia membayar, jawabannya mampu tidak?

Bagaimana jika tidak mampu?

Orang sukses itu akan berusaha menjadi mampu. Mereka tidak menyerah karena tidak bisa. Mereka akan menjadikan dirinya menjadi mampu. Karena hanya dengan menjadi orang yang mampu, kita akan menjadi orang sukses.

Bagaimana agar menjadi mampu?

Agar Anda mampu membayar harga kesuksesan, yaitu berusaha sampai apa yang Anda inginkan tercapai. Artinya cara menjadi orang sukses itu berusaha menjadikan diri mampu membayar harga kesuksesan. Dibawah ada 4 tahap menjadikan Anda mampu.

Tentu saja kemampuan yang dibutuhkan akan sesuai dengan besar kecilnya apa yang kita inginkan. Semakin besar keinginan kita, akan semakin besar kemampuan yang dibutuhkan.

Punya Ilmu dan Mengetahui Cara Sukses

Coba lihat kemasan mie instant, ada panduannya ya? Mungkin sekarang Anda tidak pernah baca lagi karena sudah hapal di luar kepala. Membuat mie instant saja panduannya, apalagi sukses yang lebih besar.

Cara sukses itu ada yang bersifat general, artinya umum diperlukan apa pun bidang yang Anda geluti. Baik pebisnis maupun karyawan memiliki rahasia sukses yang sama, misalnya harus memiliki motivasi tinggi. Untuk sukses bisnis harus semangat, begitu juga untuk sukses dalam karir pun butuh semangat.

Cara sukses general ini bisa Anda dapatkan dari semua orang yang sukses. Ini yang saya maksud tadi, bahwa Anda bisa memetik hikmah dari siapa pun yang termasuk orang-orang sukses pada bidang yang berbeda.

Jika Anda perhatikan secara seksama, diantara orang-orang sukses akan memiliki ciri-ciri yang sama, terlepas apa pun bidang itu. Inilah yang disebut ciri-ciri orang sukses. Ciri-ciri sukses biasanya melipui pola pikir dan mental.

Setelah Anda mengetahui cara sukses general, Anda juga bisa mempelajari cara spesifik bagaimana orang sukses mencapai tujuannya. Jika Anda ingin sukses menjual, maka pelajarilah cara menjual yang dilakukan oleh orang sukses. Anda ikuti dan Anda praktekan sampai Anda berhasil.

Jika Anda ingin sukses menjadi pembicara, Anda pun bisa belajar kepada pembicara sukses, bagaimana cara dia melakukannya.

Cara sukses spesifik itu meliputi apa saja yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukannya (keterampilan).

Ilmu dan tatacara bertujuan agar Anda mampu mengambil tindakan yang benar. Belajarlah.

Misalnya:

  • Jika Anda ingin menjadi orang sukses dalam karir, maka Anda harus mengetahui ilmu dan tata cara dalam meraih sukses di karir.
  • Jika mau menjadi pebisnis sukses, belajarlah ilmu dan cara sukses di bisnis.
  • Ingin sukses membuat kue enak? Ya, belajarlah ilmu dan tata cara membuat kue enak.
  • Dan sebagainya.

Jadi cara menjadi orang sukses itu adalah memiliki ilmu dan tata cara meraih sukses itu sendiri.

Punya Kemampuan Bertindak

Kemampuan bertindak itu bukan hanya kemampuan teknis saja. Kemampuan teknis adalah hanya salah satu hal yang dibutuhkan untuk bertindak. Tapi sebenarnya, yang lebih diperlukan adalah kemampuan mengatasi masalah mindset dan mental yang menghambat bertindak.

Banyak orang yang sebenarnya dia bisa, ilmu dan kemampuannya cukup, tetapi tetap tidak bertindak. Mengapa? Karena dia tidak berhasil mengatasi masalah takut, khawatir, enggan, dan sebagainya.

Anda harus terus berusaha agar mampu bertindak. Harus belajar bagaimana cara mengatasi apa yang membuat Anda tidak bertindak. Dan, mayoritas yang menghalangi Anda tidak bertindak ada pada pikiran Anda sendiri.

Contoh yang menjadikan kita tidak bertindak seperti malas, takut, enggan, tidak nyaman, dan tentu karena keterampilan yang kurang. Anda harus bisa mengatasi ini semua. Inilah pentingnya pengembangan diri.

Jika penyebabnya faktor luar, artinya Anda perlu belajar bagaimana cara mengatasinya. Jika ada masalah, Anda perlu belajar mencari solusinya.

Berikut beberapa contoh mengapa tidak mampu bertindak:

Banyak yang berkata, jika mau sukses kita harus bertindak. Jika tidak mampu maka belajarlah. Artinya berlajar agar mampu bertindak adalah salah satu tahapan cara menjadi orang sukses.

Punya Kemampuan Terus Bertindak

Bertindak saja tidak cukup. Tindakan tidak akan membawa kepada kesuksesan jika berhenti sebelum keinginan Anda. Maka Anda perlu terus bertindak. Jadi berusaha punya kemampuan terus bertindak adalah cara menjadi orang sukses.

Banyak orang yang sudah bertindak tetapi dalam perjalanan dia berhenti. Ada halangan dan rintangan yang kita temukan dalam perjalanan. Baik itu halangan dan rintangan internal (dari diri sendiri) maupun dari luar.

Orang yang sukses adalah mereka yang tidak terhentikan. Mereka akan berusaha bagaimana caranya agar tidak menyerah.

Baik halangan dan rintangan dari dalam maupun luar, solusinya ada di dalam diri Anda. Bagaimana caranya agar Anda tangguh dan tetap percaya diri menjalani perjalanan menuju sukses.

Orang yang sudah sukses bukan berarti tidak memiliki halangan dan rintangan. Mereka terus berusaha mengatasinya. Ini pembeda orang gagal dan sukses.

Bahkan disaat orang tersebut gagal, dia akan bangkit lagi. Kegagalan hanyalah kegagalan sementara jika kita mampu bangkit. Namun akan menjadi kegagalan permanen jika kita menyerah.

Jadi perkuat mindset dan mental Anda, agar Anda bisa terus melaju. Anda harus mampu menjaga agar kondisi pikiran dan mental Anda terjaga sehingga bisa tetap melaju.

Beberapa contoh penyebab tidak mampu bertindak terus:

Punya Kemampuan Menjaga Agar Tetap Di Jalur Menuju Keinginan

Terus bertindak pun bisa saja tidak akan berhasil, jika arahnya salah. Jika Anda keluar jalur. Maka penting, Anda mengendalikan diri agar terus berada di jalur yang benar. Jalur yang menuju keberhasilan.

Disini Anda harus memiliki kemampuan untuk mengendalikan diri Anda agar tetap berada di jalur yang benar. Harus menyadari saat keluar jalur, kemudian mengembalikan ke jalur. Ya, seperti mengendarai mobil atau motor agar tetap di jalan.

Keluar jalur artinya disaat kita melakukan hal-hal yang justru akan membelokan kita sehingga tidak menuju arah tujuan. Mungkin perjalanan kita sedikit melenceng. Selama masih dalam jalur yang benar, tidak masalah.

Masalahnya keluar jalur sering kali tidak kita sadari. Analoginya seperti mengendarai mobil yang tiba-tiba keluar jalur karena mengantuk. Misalnya kita melakukan banyak hal yang menjauhkan dari tujuan, tetapi kita “mengantuk” atu tidak menyadarinya.

Disinilah pentingnya mampu menjaga kesadaran akan apa yang kita lakukan. Kemudian mengambil keputusan mengarahkan kembali ke jalur yang benar. Dan kita perlu disiplin melakukan ini, atau tanpa sadar kita sudah jauh dari tujuan.

Artinya kemampuan yang perlu Anda kembangkan adalah menjaga kesadaran agar memahami dampak apa yang kita lakukan. Kemudian mengambil keputusan yang tepat. Dan disiplin menjaga diri kita tetap berada dalam jalur.

Contoh hal yang membuat Anda keluar jalur:

  • Rumput tetang selalu terlihat lebih hijau. Selalu tergoda peluang yang lain.
  • Terganggu oleh kegiatan yang menyenangkan, padahal tidak mendukung pencapaian tujuan. Misalnya terlarut dengan hobi.
  • Gangguan atau distraksi harian seperti orang sekitar, TV, youtube, netflix, dan sebagainya.
  • Dan apa pun yang membuat Anda melenceng.

Artinya mengembangkan diri menjadi mampu mengendalikan diri adalah cara menjadi orang sukses.

Adakah Rahasia Cara Menjadi Orang Sukses

Apakah orang sukses memiliki sebuah rahasia yang tidak ketahui oleh orang yang gagal. Ada. Mau?

Sssst, ini rahasianya…

Rahasianya adalah: tidak ada rahasia.

Artinya, Anda pun bisa sukses. Tidak ada yang dirahasiakan. Konon, rahasia itu sudah dibuka dengan buku dan DVD The Secret? Tidak juga.

Rahasia sukses itu sederhana, Anda mengetahui apa yang Anda inginkan, kemudia Anda mengetahui apa yang harus dilakukan, kemudian Anda mengambil tindakan dan tetap bertindak sampai mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Sehingga bisa Anda lihat bahwa yang Anda perlukan ialah belajar dan mengaplikasikan hasil belajar Anda. Inilah rahasia sukses yang sekarang bukan rahasia lagi.

Cara menjadi orang sukses itu tidak ada rahasianya.

Kesimpulan

Ternyata cara menjadi orang sukses itu sederhana, yaitu

  1. Tetapkan keinginan Anda yang jelas.
  2. Ketahui harga yang harus Anda bayar dan bersedia membayarnya.
  3. Tingkatkan kemampuan Anda agar mampu membayar harganya.

Kemampuan yang dibutuhkan agar bisa membayar harga kesuksesan adalah:

  • Pengetahuan dan ilmu sukses.
  • Kemampuan bertindak.
  • Kemampuan terus bertindak.
  • Kemampuan bertindak tetap di jalur sukses.

Ini adalah framework atau kerangka kerja cara menjadi orang sukses.

Dapatkan Update Via WhatsApp Channel

Dapatkan Update Via Telegram Channel

Similar Posts

One Comment

  1. tlng belajari sy sebagai karyawan pbrk agar bs jd orng yg sukses dn mampu memberikn kebahagian buat kluarga dn jg orng lain,mohon di beri saran….??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *