Press "Enter" to skip to content

Cara Sukses

Prinsip Cara Sukses Itu Sama

cara suksesCara sukses adalah sebuah pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh orang. Bukan hanya oleh orang yang masih belum merasa sukses, bahkan orang yang kita anggap orang sukses pun masih memikirkan cara sukses. Cara sukses itu pada dasarnya terdiri dari langkah-langkah yang hampir sama, tentu saja dengan penyesuaian yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pribadi masing-masing. Secara prinsip, cara sukses itu adalah sama.

Sebelum Membahas Cara Sukses, Pahami Dulu Definisi Sukses

Jangan terjebak dengan macam-macam definisi sukses yang kadang membingungkan. Jika definisi sukses saja tidak jelas, maka Anda tidak akan pernah meraih sukses. Kadang saya menemukan definisi sukses yang kabur, tidak jelas, dan entah apa maksudnya. Sekarang, akan saya berikan satu definisi sukses, yang singkat dan jelas. Manusia akan mendapatkan sesuatu sesuai dengan apa yang diusahakan.

dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya, (QS.An Nazm:39)

Definisi sukses itu adalah tercapainya apa yang Anda inginkan. Sederhana? Ya, sederhana dan singkat. Namun definisi ini akan memberdayakan Anda untuk bertindak dan mengoptimalkan usaha Anda. Jika ada, definisi sukses yang menjadikan Anda tidak berusaha dengan maksimal, jelas itu adalah definisi yang salah. Sukses adalah perjalanan? Kalau begitu, silahkan berjalan, maka Anda sukses, meski perjalanan tersebut tidak membawa hasil apa pun.

Sukses bisa disebutkan sebuah perjalanan, perjalanan yang memberikan makna dan manfaat bagi diri Anda maupun orang lain. Bukan sembarangan perjalanan. Perjalanan dari satu tujuan ke tujuan lain yang dia inginkan. Inilah perjalanan sukses. Tidak layak, sebuah perjalanan tanpa makna disebut sukses.

Sukses di dunia artinya Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan di dunia.

Sukses di akhirat artinya Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan di akhirat, tiada lain ridha Allah dan syurga-Nya.

Inilah definisi simple dan memberdayakan.

Cara Sukses Langkah Demi Langkah

Langkah Pertama Cara Sukses Adalah Mengetahui Apa Yang Anda Inginkan

Bagaimana Anda akan sukses, jika apa yang Anda inginkan saja tidak tahu? Jadi langkah pertama ialah Anda harus mengetahui secara persis apa yang Anda inginkan. Yang dimaksud persis adalah keinginan Anda harus benar-benar spesifik dan ada ukurannya yang jelas kapan tercapai atau belum. Ukuran ini dalam besarnya tujuan dan waktu tercapainya tujuan.

Kenapa harus jelas? Ya, agar arah tindakan Anda jelas dan tahapan untuk mencapainya jelas juga. Jika tujuan sudah jelas, maka Anda bisa mengarahkan tindakan Anda dan mencapai tujuan secepat mungkin. Sebaliknya, jika keinginan Anda tidak jelas, mau diarahkan kemana tindakan Anda?

Langkah pertama cara sukses itu adalah menetapkan tujuan yang jelas dan spesifik.

Langkah Kedua Adalah Memiliki Rencana

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa cara sukses itu tidak perlu rencana. Rencana malah membuat kita sibuk membuat rencana, tidak bertindak, dan gagal mencapai tujuan. Lalu mengapa saya mengatakan harus membuat rencana?

Begini…

Rencana ibarat peta menuju harta karun. Jika Anda membuat rencana baru, ibarat Anda membuat peta, sulit dan lama, akhirnya Anda tidak jadi bertindak. Atau petanya terlalu rumit sehingga terlalu sulit untuk membuat peta. Rencana seperti inilah yang akan menghambat sukses.

Namun jika tidak punya rencana, akibatnya Anda tidak tahu harus melangkah ke mana. Anda hanya tidak membutuhkan peta saat arah ke tempat tujuan sudah Anda hapal dalam kepala Anda. Nah, jika ada orang yang mengatakan tidak perlu rencana, sebab dalam pikirannya sudah tahu apa saja yang harus dilakukan. Jika tidak tahu, maka dia tidak akan pernah bertindak.

Rencana juga tidak perlu detil dan rumit, yang penting adalah mengarahkan tindakan Anda. Buktinya, saya banyak menerima pertanyaan, “mulai dari mana?” “Bingung harus dari mana?”. Ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang menggambarkan seseorang masih belum ada rencana.

Langkah Ketiga: Bertindak dan Tetaplah Bertindak

Jika Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan, artinya Anda sudah memiliki rencana, baik tertulis atau tidak. Maka selanjutnya adalah bertindak dan terus bertindak sampai tujuan tercapai.

Pertanyaanya, bagaimana agar terus bertindak?

  1. Anda harus memiliki motivasi yang cukup agar terus bertindak.
  2. Anda harus kreatif menemukan solusi saat halangan atau masalah menghentikan Anda. Termasuk saat apa yang Anda lakukan salah, harus kreatif menemukan cara baru yang benar.
  3. Anda harus berani dan percaya diri, sebab seringkali orang tidak bertindak karena takut dan rendah diri.
  4. Anda jelas harus memiliki pikiran positif tentang tujuan yang akan Anda capai.
  5. Anda harus memiliki keterampilan yang memaadai untuk bertindak.
  6. Anda harus bisa mengelola waktu saat seolah tidak ada waktu untuk melakukannya.

Intinya, Anda harus belajar bagaimana mengatasi semua hal yang menghentikan Anda bertindak.

Insya Allah, secara bertahap, saya akan membahas tentang cara sukses lebih lengkap lagi di blog Zona Sukses ini.

Rahmat

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri di Zona Sukses: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *