Press "Enter" to skip to content

Cara Meraih Cita2 Setinggi Tinggi-tingginya

Jangan hanya punya cita-cita, tapi Anda juga harus mengetahui cara meraih cita2 Anda.

Cita-cita hanyalah kata tanpa makna jika Anda tidak mengetahui cara menggapainya.

Posting ini akan menjelaskan gambaran besar bagi cara meraih cita-cita Anda.

cara meraih cita2

Langkah-langkah Cara Meraih Cita2 Anda

Langkah #1 Cara Meraih Cita2 Adalah Cinta

Yang pertama adalah adalah harus benar-benar mencintai cita-cita Anda. Namun bukan hanya sekedar suka, tetapi membawa kebaikan bagi kehidupan diri Anda dan keluarga Anda.

Jangan hanya karena suka, tetapi tidak membawa kebaikan. Itu cita-cita yang kosong.

Mencintai cita2 karena cinta. Ini yang dahsyat. Miliki cita2 sebagai bukti cinta anda kepada keluarga, kepada pasangan resmi, atau bahkan kepada sesama. Cita-cita yang tinggi sesungguhnya adalah cita-cita memberikan kontribusi kepada sesama, minimal kepada keluarga Anda.

Jika Anda benar-benar mencintai cita-cita Anda, maka ini sudah menjadi langkah awal yang penting untuk meraih cita-cita Anda. Sebab cinta adalah motivasi terbesar untuk meraih cita-cita Anda.

Langkah #2 Cara Meraih Cita-cita Adalah Yakin

Sudahkah Anda yakin dengan cita-cita Anda? Jika tidak yakin, akan sulit dicapai. Kita harus membina keyakinan dalam diri kita, bahwa cita-cita kita akan tercapai dengan izin Allah.

Ragu-ragu apalagi tidak yakin, maka Anda tidak akan mencapai. Yakinlah.

Saat Anda tidak memiliki kemampuan, itu bukan halangan untuk yakin. Sekarang tidak mampu, tetapi jika mau belajar akan bisa.

Belum mengetahui caranya juga bukan penghalang untuk yakin, sebab jika kita mau belajar, kita akan mengetahui cara mengejar cita2 kita.

Bukti yakin bahwa Anda akan mencapainya ialah Anda begitu semangat untuk meraihnya. Anda harus percaya diri kalau Anda bisa meraih cita-cita Anda.

Langkah #3 Mempersiapkan Diri

Ini contoh saja ya, supaya mudah menjelaskannya. Jika seorang anak bercita-cita menjadi seorang pesepak bola, tetapi dia tidak bisa main sepak bola, apakah ada peluang dia menjadi pemain sepak bola?

Ada sich, tapi jauh lebih kecil. Yang sudah bisa pun belum tentu menjadi pesepak bola profesional, apalagi yang belum bisa.

Contoh lain, jika Anda ingin jadi pemimpin di perusahaan tempat Anda bekerja, tetapi Anda tidak bisa memimpin, maka peluang Anda kecil. Kalau pun secara kebetulan Anda menjadi pimpinan, tetapi jika tidak bisa memimpin mungkin tidak menunggu waktu lama, Anda akan diganti.

Jadi, jika Anda bercita-cita ingin menjadi sesuatu, maka persiapkan diri agar pantas mendapatkan cita-cita Anda.

Langkah #4 Jadilah Juara

Sekarang zamannya persaingan. Lihat saja pencari kerja semakin bertambah dari tahun ke tahun. Belum lagi serangan tenaga asing yang masuk ke negeri kita.

Dalam berbagai hal, persaingan semakin ketat. Jika Anda biasa-biasa saja, kenapa orang lain melirik Anda?

Diatas saya mengatakan, bisa main sepak bola saja tidak cukup menjadi pemain profesional. Pastinya club sepak bola profesional akan mencari pemain terbaik dari sekian pemain yang ada.

Begitu juga, perusahaan akan memilih calon pimpinan terbaik diantara semua karyawan yang ada.

Jadi jika Anda bukan yang terbaik, kenapa masih berharap akan dipilih?

Anda harus memiliki mental juara.

Langkah #5: Siapkan Rencana Besar Anda

Siapkan rencana besar, agarkita bertindak dengan arah yang jelas. Bukan rencana detil, tidak perlu, cukup rencana besar saja.

Apa yang akan Anda lakukan tahun ini, skill apa yang akan Anda kuasai, bagaimana cara belajar Anda, dan sebagainya.

Juga siapkan rencana kebiasaan. Kebiasaan Anda saat ini akan menentukan siapa Anda di masa depan. Jadi rencanakan bahwa Anda akan membangun kebiasaan positif yang mendukung cita-cita Anda.

Jika Anda memiliki cita-cita menjadi penulis besar, maka miliki kebiasaan menulis setiap hari. Masuk akal bukan? Karena dengan kebiasaan menulis, Anda akan semakin ahli dalam menulis.

Salah satu kebiasaan umum yang perlu Anda pertimbangkan adalah membaca buku yang berkaitan dengan cita-cita Anda. Bacalah buku setiap hari, jika perlu 1 buku per hari. Betul, saya tidak salah tulis: 1 buku per hari.

Langkah #6 Mulailah Bertindak Sekarang

Cita-cita memang sesuatu yang kita harapkan di masa mendatang, tetapi kita perlu bertindak mulai sekarang. Perlu perjalanan dan perjuangan panjang untuk meraih cita-cita. Untuk itu, bertindaklah sekarang.

Jika Anda sudah memiliki rencana besar, Anda bisa membuat rencana kecil yang sederhana. Apa yang akan dilakukan bulan ini, minggu ini, dan hari ini. Maka lakukanlah.

Usahakan, jangan sehari pun (kecuali terpaksa) untuk meninggalkan tindakan yang akan membawa Anda kepada cita-cita. Lakukan setiap hari. Setiap tindakan yang Anda lakukan akan mendekatkan diri ke cita-cita Anda.

Langkah #7 Teruslah Berdo’a Mohon Pertolongan dan Petunjuk dari Allah

Tidak ada yang bisa mewujudkan cita-cita kita, kecuali Allah. Kita hanya harus berusaha, harus ikhtiar secara maksimal, kemudian Allah yang akan menentukan.

Namun jangan khawatir, Allah akan mengabulkan do’a kita jika kita sungguh-sungguh berdo’a. Jadi berdo’a bukan sekali-kali, bukan juga asal-asalan.

Semoga tulisan Cara Meraih Cita2 Setinggi Tinggi-tingginya membantu Anda untuk mempersiapkan diri agar cita-cita Anda tercapai nanti.

Rahmat

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri di Zona Sukses: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php

Latest posts by Rahmat (see all)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *