|

Cara Mengatasi Hambatan Dalam Berwirausaha

Mengatasi hambatan dalam berwirausaha adalah sudah menjadi bagian dari wira usaha itu sendiri. Hambatan akan selalu ada dalam wirausaha, baik hambatan dari luar maupun secara internal. Saat kita memutuskan mau wirausaha, maka kita harus siap dalam menghadapai hambatan, masalah, rintangan atau kendala.

Orang-orang yang sukses itu adalah mereka yang sudah berhasil mengatasi hambatan dalam bisnis. Bukan orang yang tidak punya hambatan. Saya yakin, semua orang akan menghadapi hambatan. Hanya saja mereka mampu mengatasinya.

Terlepas apakan Anda orang yang mau memulai berwirausaha atau sudah mulai berwirausaha. Apakah Anda mau memulai bisnis kecil dulu atau langsung membangun bisnis besar dengan modal uang yang besar, keduanya sama, akan ada selalu menghadapi masalah atau kendala. Mungkin skala hambatannya berbeda, namun sikap dan cara mengatasinya sama.

Cara Mengatasi Hambatan Dalam Berwirausaha

Cara Mengatasi Hambatan dalam Berwirausaha Itu Dimulai Dengan Sikap Yang Benar

Apa hubungan sikap dengan mengatasi hambatan dalam berwirausaha?

Sikap adalah bagaimana cara kita memandang hambatan. Dan dasar pandangan tersebut adalah mindset. Kita harus memiliki mindset yang benar tentang hambatan.

Menurut Anda, apa makna “hambatan” dalam bisnis Anda? Jawaban ini adalah mindset Anda. Sebagai contoh orang mungkin akan menjawab seperti ini:

“Hambatan itu biasa dalam bisnis.”

“Hambatan itu yang akan membuat bisnis saya gagal.”

“Saya modalnya kecil, jadi banyak hambatan.”

dan sebagainya.

Anda akan bersikap atau bertindak sesuai dengan jawaban Anda. Jika Anda menjawab dengan jawaban pertama, maka Anda akan tenang. Kemudian Anda akan memikirkan cara mengatasinya. Atau jika sudah punya team, Anda akan menggerakan team untuk mengatasi hambatan itu.

Berbeda jika jawaban Anda yang kedua. Anda akan berharap tidak ada hambatan. Kemudian Anda mencoba mencari bisnis lain yang tidak ada hambatan. Saat Anda bertemu hambatan, Anda menyerah dan mencari yang lain. Dan seterusnya.

Jika Anda berpikir bahwa hambatan berkaitan dengan modal, maka Anda akan memilih menunggu punya modal besar. Dan tidak memulai-memulai. Atau mencoba mencari modal berharap hambatan tidak akan ada. Padahal, bisa jadi dengan modal besar hambatan itu lebih besar.

Jadi, hambatan itu biasa dan yakinlah bahwa Anda bisa mengatasinya. Meski saat ini belum tahu caranya. Fokus pada hasil, hambatan dan cara mengatasi hambatan dalam berbisnis itu adalah bagian dari berbisnis itu sendiri.

Miliki Kemampuan Cara Mengatasi Hambatan Dalam Berwirausaha Agar Siap

Mengatasi hambatan dalam berwirausaha bisa kita ibaratkan seperti menghadapi sebuah tanjakan di jalan. Dan jika kita mau naik ke atas, maka tanjakan akan selalu ada. Begitu juga, jika mau sukses dalam usaha, apa pun itu, maka akan menemui hambatan.

Kita tidak bisa berharap agar tidak bertemu hambatan. Ini ibarat mau ke puncak tetapi tidak mau menanjak atau naik. Kan aneh?

Yang perlu kita lakukan adalah mempersiapkan diri agar mampu mengatasi hambatan itu. Ini yang penting. Karena orang-orang sukses itu bukan berarti mereka tanpa hambatan, tetapi mereka memiliki kemampuan mengatasi hambatan, bahkan setiap hambatan.

3 Faktor Yang Dibutuhkan Untuk Mengatasi Hambatan

Kemampuan mengatasi hambatan itu berkaitan dengan mentalitas, ilmu, dan skill. Dengan mentalitas yang lemah, Anda akan gagal bahkan sebelum memulai. Kemudian mengatasi masalah itu ada ilmunya, ada caranya. Dan ketiga akan membutuhkan skill terutama jika Anda melakukannya sendiri.

Kemampuan mengatasi hambatan bisa diasah dengan pengalaman dan belajar. Ada yang ditempa pengalaman saja. Ada juga yang belajar kemudian diasah dengan pengalaman. Yang terbaik adalah yang kedua. Pelajarinya dulu ilmu dan caranya, kemudian asah dengan pengalaman.

Jadi, yang pertama Anda harus mau belajar bagaimana cara mengatasi hambatan. Yang kedua harus mau menghadapi hambatan agar untuk belajar untuk mengatasinya. Jangan biasakan menghindar, baik belajar atau menghadapi hambatan. Anda tidak akan pernah bisa.

Jadi, 3 faktor yang akan menyebabkan Anda mampu mengatasi hambatan itu:

  1. Mentalitas yang kuat siap menghadapi hambatan
  2. Memiliki ilmu cara mengatasi hambatan
  3. Memiliki skill, keterampilan, atau kemampuan mengatasi hambatan

Penyebab Orang Tidak Bisa Mengatasi Hambatan

Kembali ke analogi tanjakan. Misalnya Anda sedang mengendarai sepeda motor atau mobil kemudian menghadapi tanjangan. Jika kendaraan Anda tidak mampu mengatasi tanjakan tersebut, artinya itu ada masalah dengan kendaraanya. Bukan tanjakannya, jika kendaraan orang lain mampu mengatasi tanjakan tersebut.

Jika Anda tidak mampu mengatasi hambatan sebuah bisnis. Sementara banyak orang sukses di bisnis tersebut. Artinya kita tidak bisa menyalahkan hambatan yang kita hadapi. Toch orang lain bisa menghadapinya. Artinya masalahnya ada pada diri Anda.

Tidak bisa menghadapi hambatan itu pada dasarnya ada masalah yang belum terselesaikan. Jika Anda sudah mengatasi masalah itu, maka Anda akan mampu mengatasi hambatan.

Bisa jadi hambatan itu sendiri sebuah masalah yang harus diatasi. Disini kita bisa menyimpulkan bahwa penting sekali memiliki kemampuan menyelesaikan masalah. Anda bisa mempelajarinya disini.

Cara Mengatasi Hambatan Dalam Berbisnis

Tentu dalam prateknya, hambatan dalam berbisnis itu akan sangat banyak. Tidak mungkin saya bahas satu per satu disini. Saya akan bahas cara mengatasi hambatan berdasarkan kategorinya yang cara mengatasinya mirip.

Cara Mengatasi Hambatan Pribadi

Tahukah Anda, bahwa ini termasuk hambatan yang paling banyak terjadi? Hambatan terbesar itu ada dalam diri kita sendiri. Baik itu hambatan mental, ilmu, dan kemampuan.

Bisa jadi apa yang selama ini kita anggap hambatan itu bukan benar-benar hambatan atau hambatan yang mudah diatasi. Tapi karena kita tidak kuat mental, kita kurang ilmu, dan kurang keterampilan, maka kita tidak mampu mengatasi hambatan tersebut.

Sebagai contoh banyak orang tidak bisa menjalankan bisnis karena masalah tidak percaya diri. Merasa minder atau takut baik berinvestasi, meluncurkan produk, bahkan hal yang sederhana seperti berbicara (menawarkan) kepada orang orang. Maka Anda perlu meningkatkan kepercayaan diri Anda. Klik disini cara meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Hambatan kedua yang sering terjadi adalah tidak ada waktu. Sebenarnya, hambatan sebenarnya adalah karena orang tersebut tidak berani memutuskan dan memilih. Semua orang punya waktu 24 jam per hari. Pertanyaanya adalah kita gunakan untuk APA dan BAGAIMANA cara memanfaatkan waktu tersebut. Selengkapnya bisa Anda pelajari disini.

Hambatan ketiga adalah masalah daya tahan. Seperti bensin dalam kendaraan Anda. Jika bensin habis, maka kendaraan Anda tidak akan pernah bisa menaiki tanjakan. Bensin dalam diri kita itu adalah motivasi. Banyak orang tidak mampu mengatasi hambatan karena kehabisan motivasi. Anda perlu tahu cara “mengisi bensin” atau membangkitkan motivasi.

Dan sebagainya.

Intinya cara mengatasi masalah pribadi adalah dengan UPGRADE diri Anda, baik secara mentalitas, ilmu, dan keterampilan. Saya menyertakan beberapa link yang bisa Anda manfaatkan untuk upgrade diri.

Cara Mengatasi Hambatan Berapa Kesulitan

Salah satu bentuk hambatan adalah kesulitan. Dalam bisnis kadang kita menemukan hal-hal yang sulit dilakukan. Banyak faktor seperti lingkungan, birokrasi, kelangkaan, dan sebagainya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Sulit terjadi karena kita memiliki kekurangan dalam kemampuan. Untuk itu kita perlu memiliki atau mengakses kemampuan tersebut. Karena kesulitan itu hadir saat kemampuan kita kurang.

Kita bisa belajar atau training untuk meningkatkan kemampuan. Atau kita bisa memanfaatkan orang atau pihak lain yang memiliki kemampuan itu. Ya tentu, mungkin harus kita bayar. Bisa berupa konsultasi atau jasa yang bisa menangani kesulitan itu.

Anda cari siapa yang sudah memiliki pengalaman mengatasi kesulitan itu. Kemudian pikirkan bagaimana cara Anda belajar atau membayarnya untuk mengatasi kesulitan Anda.

Saat Tanjakan Tidak Mungkin Bisa Dinaiki

Kadang, kita menemukan hambatan seolah tanjakan yang memang tidak mungkin bisa kita naiki. Apa pun kendaraan kita. Betulkah?

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Pertama sewa helikopter. Terbanglah, maka Anda bisa melalui tanjakan itu. Mahal memang, tapi jika itu satu-satunya cara, ya harus dilakukan. Sayangnya tidak ada baling-baling bambu atau pintu kemana saja milik Doraemon.

Artinya mungkin kita perlu membayar sesuatu yang sangat mahal untuk mengatasi hambatan. Ini kita lakukan jika memang tidak ada cara lain.

Kedua cari jalan lain. Jika kita tidak sanggup membayar mahal, maka kita perlu mencari jalan lain yang mungkin lebih landai dan bisa kita naiki. Sama dengan bertemu jalan buntu, maka kita perlu mencari jalan lain.

Ketiga, cari tujuan lain. Ini adalah cara terakhir jika kita tidak mampu menaiki tanjakan, tidak bisa mayar mahal dan tidak menemukan jalan lain, maka temukan puncak lain yang bisa kita naiki.

Intinya adalah jangan menyerah dulu saat menghadapi hambatan yang “impossible”. Kita perlu berpikir dengan cara yang berbeda, dengan model berpikir yang berbeda, yang kemungkinan itu tetap ada.

Cara Mengatasi Hambatan Berupa Masalah

Dan bentuk hambatan itu sebenarnya adalah sebuah masalah (problem). Maka pendekatan untuk mengatasi hambatan ini ialah dengan mengatasi masalahnya.

Saat Anda menghadapi masalah, cobalah pikirkan, apa masalahnya sehingga saya tidak bisa mengatasi hambatan ini? Kemudian tuliskan masalah-masalah itu dan selesaikan satu per satu.

Saat masalah-masalah yang menjadikan Anda tidak bisa mengatasi hambatan sudah terselesaikan, maka mungkin Anda sudah bisa mengatasi hambatan.

Dan kasus dimana hambatan itu sebenarnya karena ada masalah yang belum diselesaikan, kasusnya banyak terjadi. Kita akan kesulitan menghadapi hambatan saat banyak masalah yang akan mempersulit kita.

Maka mulai dengan menguraikan apa masalah dari diri dan bisnis Anda, kemudian selesaikan satu per satu, maka sangat mungkin banyak hambatan yang akan lebih mudah teratasi. Disinilah kita faham, bahwa kemampuan mengatasi masalah itu sangat penting.

Dan inilah alasan saya mengapa membuat ebook bagaimana cara mengatasi masalah yang bisa Anda dapatkan disini.

Kesimpulan Bagaimana Cara Mengatasi Hambatan Dalam Berwirausaha

  • Pertama miliki sikap yang benar, bahwa hambatan dalam berwirausaha itu biasa, ini bagian dari perjalanan kita dalam berusaha.
  • Upgrade diri agar memiliki mentalitas, ilmu, dan kemampuan dalam mengatasi hambatan.
  • Ketahui apa yang menghalangi Anda mengatasi hambatan, kemudian cari solusinya.
  • Fahami bentuk atau kategori hambatan yang ada di hadapan Anda agar memahami bagaimana cara mengatasinya

OK demikian pembahasan Cara Mengatasi Hambatan Dalam Berwirausaha, dan saya juga sertakan link-link yang sangat berguna untuk upgrade diri Anda. Karena hambatan akan semakin banyak bagi orang yang tidak mau mengupgrade diri.


Dapatkan Update Via WhatsApp Channel

Dapatkan Update Via Telegram Channel

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *