OK, pada artikel ini kita akan membahas Cara Meningkatkan Produktivitas Diri Sendiri.

Jika Anda mau lebih sukses, maka Anda perlu mengetahui cara meningkatkan produktivitas diri sendiri. Mengapa?

Memangnya bisa meningkatkan produktivitas?

Bagaimana caranya?

Tidak cukupkah dengan manajemen waktu?

Kita akan bahas disini. Lanjutkan membaca untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas.

Cara Meningkatkan Produktivitas Diri Sendiri

Mengapa Harus Meningkatkan Produktivitas Diri Sendiri?

Seperti dikatakan diatas, produktivitas diri sendiri akan meningkatkan peluang Anda dalam meraih sukses.

Apa pun profesi Anda. Apakah Anda itu pebisnis, karyawan, profesional, da’i, dan sebagainya. Yang dilihat itu adalah hasilnya.

Tidak peduli seberapa lama Anda bekerja, jika hasilnya sedikit, tidak akan memberikan dampak. Apa pun profesi Anda.

Perusahaan atau karyawan Anda membutuhkan hasil kerja Anda. Jika Anda tidak memberikan hasil, lalu buat apa perusahaan membayar Anda. Semakin besar hasil Anda, semakin besar kontribusi Anda. Semakin bagus karir Anda.

Begitu juga dalam bisnis. Yang akan menentukan sukses bisnis Anda adalah hasil dari pada yang Anda lakukan. Bukan lama atau bertapa sibuknya Anda. Tapi hasil.

Diantaranya hasil pembuatan materi promosi, penawaran, produk baru, dan berbagai hal lainnya yang bisa meningkatkan bisnis.

Bicara tentang hasil, itulah yang dituju produktivitas. Produktivitas adalah ukuran sejauh mana hasil kerja Anda. Bukan seberapa lama kerja Anda.

Maka mulai sekarang, Anda harus lebih memperhatikan tentang produktivitas.

Salah satu pembeda Anda orang yang kurang sukses dengan yang lebih sukses adalah produktivitasnya.

Dan tentu, produktivitas itu berkaitan kualitas. Karena menurut saya, artinya produktivitas bukan hanya kuantitas, juga kualitas. Produktivitas = kuantitas X kualitas.

Bisakah Meningkatkan Produktivitas Dengan Waktu Terbatas?

Tentu saja bisa. Justru inilah topik utama dalam produktivitas. Saya sudah banyak melihat bukti nyata. Dengan jam kerja sama, hasil dari setiap orang itu berbeda.

Mengapa berbeda, ini karena produktivitasnya berbeda. Bagaimana caranya? Sebentar lagi kita bahas.

Yang ingin saya sampaikan terlebih dahulu adalah bahwa kita bisa meningkatkan produtivitas kita, terlepas berapa jam yang Anda miliki.

Setiap orang punya 24 jam per hari. Nyatanya pencapaian setiap orang berbeda. Ada yang luar biasa, ada yang biasa. Itu karena produktivitas.

Misalnya Anda hanya memiliki waktu 1 jam per hari untuk bisnis, maka dengan produktivitas yang tinggi, bisa saja menghasilkan sesuatu yang melebihi rata-rata orang.

Tentu saja, semakin banyak alokasi waktu akan semakin baik. Namun akan semakin baik lagi jika Anda melakukannya dengan produktivitas yang tinggi.

Dua Cara Meningkatkan Produktivitas Diri Sendiri

Pada prinsipnya, ada dua cara yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan produktivitas.

Kunci Produktivitas Diri Pertama

Yang pertama adalah APA yang Anda lakukan.

Artinya, apa yang Anda lakukan akan menentukan hasil Anda. Anda perlu memilih apa yang dilakukan dan apa yang tidak dilakukan.

Jangan sampai melakukan hal-hal yang tidak menghasilkan. Kita perlu fokus hanya melakukan hal-hal yang menghasilkan saja. Bahkan yang paling memberikan hasil paling besar.

Kunci Produktivitas Diri Kedua

Yang kedua adalah BAGAIMANA Anda melakukannya.

Setelah Anda mengetahui dan memilih apa-apa saja yang akan memberikan hasil terbaik, maka lakukan dengan cara yang terbaik. Kerjakan dengan cara kerja yang paling cepat.

Disini kita bicara cara kerja. Anda harus membuka diri dengan cara kerja yang berbeda. Yaitu cara kerja baru yang memberikan hasil lebih baik, lebih cepat, lebih berkualitas, dan minim kesalahan.

Jangan bersikukuh terus melakukan pekerjaan saat ini. Yakinlah ada cara yang lebih baik. Anda perlu usaha untuk memperbaiki cara kerja demi meningkatkan produktivitas Anda.

Manajemen Waktu Tidak Cukup

Manajemen Waktu atau time management adalah hal yang penting dan perlu kita lakukan. Meskipun ada juga yang mengatakan manajemen waktu itu tidak dibutuhkan.

Bagi saya, manajemen waktu tetap penting, tapi memiliki tujuan yang berbeda dengan peningkatan produktivitas. Manajemen Waktu lebih fokus ke pengorganisasian kerja. Agar kita bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Namun kita perlu menambahkan konsep produktivitas ke dalam manajemen waktu. Keduanya diperlukan. Karena percuma, aktivitas terorganisir dengan baik tetapi tidak produktif.

Jadi, manajemen waktu dan produktivitas adalah dua hal yang berbeda dengan tujuan yang berbeda. Keduanya perlu kita lakukan.

Raih Pencapaian 10X Lipat

Tahukah Anda, dengan konsep produktivitas kita bisa meraih hasil atau produktivitas 10X lipat. Tidak menutup kemungkinan lebih dari itu. Potensinya tak terbatas.

Anggap saja, kemampuan kita belum mahir. Anggap baru sampai 2X saja. Ini pun sudah bagus bukan? Omset Anda bisa naik 200 persen. Kontribusi Anda ke perusahaan naik 2 kali lipat. Apa yang akan terjadi?

Dengan konsep produktivitas, kita bukan bicara 1%, 2%, 5%, 10%, bahkan 20% tetapi kita sedang bicara kelipatan, 2X, 3X, 5X, dan seterusnya.

Jika kita belum bisa membayangkan bagaimana kita bisa melipat gandakan hasil, itu karena ilmu dan kemampuan belum sampai. Itulah kita perlu meningkatkan ilmu dan kemampuan berkaitan produktivitas.

Untuk awal, Anda bisa belajar Revolusi Waktu. Ebook-ebook yang saya susun untuk meningkatkan mindset, ilmu, dan kemampuan produktivitas Anda.

Anda bisa mendapatkannya disini. Cara Meningkatkan Produktivitas Diri Sendiri sampai 10X lipat.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *